IMPLEMENTASI DUKUNGAN SOSIAL GURU TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMK YABUJAH

Authors

  • Iyan Alvian SMK Yabujah, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v3i2.8444

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dukungan sosial guru terhadap pengambilan keputuan karir siswa SMK Yabujah Segeran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. informan penelitian ini adalah salah satu guru BK dan wali kelas. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dukungan sosial guru terhadap pengambilan keputusan karir siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Yabujah sudah dilakukan disekolah dengan Guru BK memberikan bimbingan karir yakni memberikan bantuan kepada siswa agar dapat memiliki dan memahami gambaran tentang dunia kerja, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, serta jenis pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian, bakat dan kemampuan siswa tersebut. Disamping itu juga peranan guru selain memberikan bimbingan karir guru juga memberikan motifasi kepada siswa agar dapat mendapatkan karir sesuai dengan keinginan dan bakat minatnya. Ada dua faktor yang mempengaruhi perkembangan karir yaitu faktor internal dan faktor ksternal membentuk keunikan kepribadian individu dan faktor eksternal yang berpengaruhi langsung maupun tidak langsung dengan diri seseorang.

Keywords:

Dukungan sosial, Pengambilan keputusan, Karir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fikriyani, D.V., Nurbaeti, Hidayat, D. R. (2020). Pengambiln keputusan karir berdasarkan kepribadian pada siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1).

Kamaludin, Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2020). Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2019, 916–927. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/685/605

Kamaludin, K., Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2021). Performance of Educational Assessments: Integrated Assessment as an Assessment Innovation during the Covid-19 Pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(6), 2708–2718. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i6.5777

Kiyesha Tsania Kurniawan, dkk. (2021) Teori Bimbingan dan Konseling Karir. surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Mariyati, L. I. & Rezania, V. (2021). Psikologi Perkembangan: Sepanjang

Kehidupan Manusia. Sidoarjo: UMSIDA Press Media Publishing.

Pecjak, S., Pirc, T. (2020). Parental involment in children’s caree decision making process in Slovenia: Parents and children’s perspective. Journal of Psychological and Educational Research, 28(2), https://www.vkotocka.si/wp.

Rahima, R., & Herlinda, F. (2017). Instrumen BK 1 Teknik Non Tes (Teori dan Praktik). Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Sara, E. P & Idris, S. (2020) Pengaruh Dukungan Sosial Dan Karir Efikasi Diri Terhadap Pengambiln keputusan karir Dengan Eksplorasi Karir Sebagai Pemediasi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Accredited SINTA 4 Vol. 5, No. 1.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmahdinata, N. S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Xu, H., & Tracey, T. J. (2015). Ambiguity tolerance with career indecision: An examination of the mediation effect of career decisionmaking self-efficacy. Journal of Career Assessment, Vol. 23(4).

Downloads

Abstract Views : 50
Downloads Count: 49

Published

2022-04-29