ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS HAURGEULIS MAJALENGKA
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i1.8436Abstract
Permasalahan belajar yang dialami siswa di MTs Haurgeulis Majalengka yaitu rendahnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran minat belajar siswa kelas VIII di MTs Hargeulis, Kabupaten Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang akan mendeskripsikan minat belajar siswa di MTs Haurgeulis Majalengka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa di MTs Haurgeulis Majalengka pada kategori tinggi sebanyak 7 orang siswa atau 35,7%, minat belajar siswa pada kategori sedang 10 orang siswa atau 60,9%, minat belajar siswa pada kategori rendah sebanyak 3 orang atau 5,3%, sedangkan pada kategori sangat tinggi dan sangat rendah tidak ada. Minat belajar siswa yang berkaitan dengan perasaan senang sebesar 7,0, ketertarikan sebesar 8,0%, perhatian sebesar 9,0% dan keterlibatan 5,0%.
Keywords:
Minat belajar, Siswa, MTsDownloads
References
Asikin. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kinerja Guru Sekolah Model. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 2(2), 103–111.
dalyono. (1997). psikologi pendidikan. Rineka Cipta.
Eka puspawan, yohanes dan tritjahjo. (2019). peningkatan minat belajar siswa kelas IX melalui layanan bimbingan kelompok di SMP kristen I salatiga. Jurnal Mimbar Ilmu, 24 No. 1 1.
Hanipa, A. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MTs KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI GEOGEBRA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322
Kamaludin, K. (2022). The Analysis Of Business Ethics In The Management Of Private College. Journal Of World Science, 1(3), 95–102. https://doi.org/10.36418/jws.v1i3.18
Kamaludin, K., Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2020). Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan. Prosiding Seminar, 2019. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/685/605
Kamaludin, K., Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2021). Informal Guidance Academic Supervision In Integrated Learning Improvement. Proceedings of the 6th International Conference on Science, Education and Technology (ISET 2020), 574, 549–555. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.211125.103
maesaroh, siti. (2013). peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam.
nurhasanah, siti dan sobandi. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 No. 1 12.
ricardo dan intansari meilani rini. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2 No. 2 18.
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Setiawan, W., & Rojabiyah, A. B. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTS Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal On Education, 01(02), 458–464.
Slameto. (2010). belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Solikhulhadi, M. F. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu. Jurnal Madinasika: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 2(2). https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/1049
Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta Dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1), 10–23.
syah. (2009). psikologi belajar. Raja Grafindo Persada.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 M. Solahudin Al Ayubi, M. Saroni, Yayat Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.