MENELUSURI MEDIA PEMBELAJARAN: SOLUSI KREATIF UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rabeka Putri Aini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i2.7689

Abstract

Keterbatasan aksesibilitas dan variasi media pembelajaran IPA di tingkat SD menghambat efektivitas proses pembelajaran sehingga menimbulkan tantangan dalam mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk menelusuri media pembelajaran sebagai solusi kreatif untuk pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review. Langkah penelitian meliputi pengumpulan data, analisis data, verifikasi, kombinasi dan menyimpulkan artikel yang relevan terkait pengetahuan yang dibahas. Referensi literatur yang digunakan dalam artikel penelitian ini diperoleh dari Google Scholar, Garuda, Semantic Scholar, DOAJ, Taylor and Francis, dan Scopus. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beragam media pembelajaran yang bisa digunakan sebagai referensi saat melakukan pembelajaran IPA di sekolah dasar. Media yang banyak digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar yaitu media NearPod, Komik, Articulate Storyline, Augmented Reality, Komik Digital, Wordwall, Video Animasi, EDpuzzle, dan SVVR (Spherical Video-based Virtual Reality). Melalui penggunaan media pembelajaran, kemampuan sains yang banyak dikembangkan dalam pembelajaran IPA di SD pada peningkatan minat belajar siswa.

Keywords:

Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R., Nisak, N. M., Nadlif, A., & Wulan Hajjatul Zamzania, A. (2020). Animated video as a Media for Learning Science in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012051

Aulia, U., & Baalwi, M. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Nearpod Pada Tema 6 Subtema Perubahan Energi Kelas Iii Mi Roudlotul Mustashlihin Sukodono. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1), 54–68. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i1.9

Fauziyyah, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis HOTS pada Pembelajaran IPA Materi Cuaca Kelas 3 di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1607. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.945

Feri, A., & Zulherman. (2021). Development of nearpod-based e module on science material “energy and its changes” to improve elementary school student learning achievement. International Journal of Education and Learning, 3(2), 165–174. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i2.400

Firdaus, F. M., Azizah, I. N., Pritin, S., Damayanti, O., & Annisa, F. C. (2022). The Development of Articulate Storyline-based Learning Media to Improve 5th Grade Students’ Mathematical Representation Ability. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(1), 55. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i1.9827

Hendajani, F., Hakim, A., Sudiro, S. A., Saputra, G. E., & Ramadhana, A. P. (2019). Tracking Visualization of 3 Dimensional Object Natural Science Learning Media in Elementary School with Markerless Augmented Reality Based on Android. Journal of Physics: Conference Series, 1192(1), 0–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1192/1/012055

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.

Nuriyatul Hidayah, Nafitri, S. E., Fatihul Zaky, A. F., & MZ, S. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Di Sekolah Dasar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1365–1374.

Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswA. Misykat, 03, 171–187.

Octaviani, S. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Scientific Approach Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 66–77. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p66-77

Riwanto, M. A., & Budiarti, W. N. (2020). Development of digital science comics for elementary school as a support for digital literacy in online learning. ACM International Conference Proceeding Series, 6–9. https://doi.org/10.1145/3452144.3452221

Rizqi, D. R., & Zumrotun, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik IPA pada Materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungan di Sekolah Dasar. 7(4), 3(2), 524–532.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253.

Saski, N.H., & Tri, S. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.

Su, C. Y., & Chiu, C. H. (2020). Perceived Enjoyment and Attractiveness Influence Taiwanese Elementary School Students’ Intention to Use Interactive Video Learning. International Journal of Human-Computer Interaction, 37(6), 574–583. https://doi.org/10.1080/10447318.2020.1841423

Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3498–3512. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1399

Susanto, T. A., Fathurohman, I., Rismiyanto, & Pratama, H. (2022). Developing Nearpod E-Media Through Model Discovery to Improve Learning Independence for Elementary School Students. Uniglobal Journal of Social Sciences and Humanities, 1(1), 44–53. https://doi.org/https://doi.org/10.53797/ujssh.v1i1.7.2022

Syarifuddin, F., Purnawansyah, P., & Irawati, I. (2020). Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Untuk SD Kelas 5 Berbasis Android. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.33096/busiti.v1i1.518

Tatsa Galuh Pradani. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat danmotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461.

Wu, J., Guo, R., Wang, Z., & Zeng, R. (2019). Integrating spherical video-based virtual reality into elementary school students’ scientific inquiry instruction: effects on their problem-solving performance. Interactive Learning Environments, 29(3), 496–509. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1587469

Downloads

Abstract Views : 287
Downloads Count: 179

Published

2024-04-30