PERAN GURU PPKN DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA DI SMP NEGERI 4 SAMARINDA

Authors

  • Freti Sintya Wulan Dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Marwiah Marwiah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.14519

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Guru PPKn dalam menanamkan pendidikan karakter bagi siswa di smp negeri 4 samarinda, tantangan yang dihadapi oleh guruPPKn dalam menanamkan pendidikan karakter di smp negeri 4 samarinda dan metode atau strategi yang digunakan oleh guru PPKn dalam menanamkan pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Samarinda. Jenis Penelitian kualitatif deskriptif penelitian ini dilakukan SMP Negeri 4 Samarinda yang terletak di jalan Ir. H. Juanda Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Subjek penelitian ini ialah Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Samarinda , Guru PKN SMP Negeri 4 Samarinda, dan siswa SMP Negeri 4 Samarinda dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru ppkn dalam menanamkan nilai pendidikan karakter guru ppkn berperan aktif dalam membentuk karakter siswa melalui berbagai pendekatan, seperti keteladanan sikap, pengintegrasian nilai karakter dalam materi pelajaran, nilai-nilai yang ditanamkan meliputi kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, dan cinta tanah air. strategi yang digunakan guru guru menggunakan strategi keteladanan, penguatan nilai melalui materi ajar, serta penilaian berbasis observasi perilaku siswa sehari-hari. momen-momen penting seperti upacara bendera dan peringatan nasional juga dimanfaatkan untuk menanamkan rasa nasionalisme. tantangan yang dihadapi beberapa tantangan dalam penanaman karakter meliputi pengaruh lingkungan luar sekolah, keterbatasan waktu interaksi dengan siswa, serta kurangnya sinergi antara pihak sekolah dan orang tua.

Keywords:

Peran guru, Pendidikan Karakter, Strategi Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusshomad, A. (2018). Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Asy-Syukriyyah, 19(1), 31–49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 333. https://jurnal.univpgri palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688

Artayasa, I. W. (2020). Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Dharmagita Di Smk Kharisma, Mengwi, Badung. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 10(1), 71. https://doi.org/10.25078/klgw.v10i1.1398

Bulan, W. R. (2021). Project Citizen, Sebuah Upaya Menjadikan Pengajaran Ppkn Di Kota Depok Menjadi Lebih Efektif Dan Atraktif. Prosiding Serina, 1(1), 1991–2002. https://doi.org/10.24912/pserina.v1i1.18074

Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2023 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Islam, U., & Mataram, N. (2019). STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI SISWA PENDAHULUAN Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus , yaitu yang melibatkan aspek pengatahuan ( cognitipe ), perasaan ( feeling ) dan tindakan ( action ). Karakter adala. 15(1), 54–65.

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239. https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Muhammad Rusdi, & Marwah. (2022). PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs IBADURRAHMAN MUTTAHIDAH, SIBULUE. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 39(2), 91–100. https://doi.org/10.36456/helper.vol39.no2.a5537

Pantu, P. (2022). Pendidikan Karakter Dan Bahasa. Al-Ulum, 14(1), 153–170.

Prasetiyo, F. budi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Smp Negeri Se-Kabupaten Sleman. Eprints.Uny.Ac.Id, 1–325.

Rasyid, R., & Wihda, K. (2024). 29.+Ramli+Rasyid+1278+-+1285. 8(2), 1278–1285.

Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325

Salouw, J. H., Suharno, S. S., & Talapessy, R. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Untuk Mewujudkan Ketahanan Pribadi Siswa Melalui Pembelajaran PPKn (Studi Kasus Di SMA 1 Wonreli Maluku Barat Daya). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 380. https://doi.org/10.22146/jkn.61168

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter (Vol. 5).

Saskia Permana, Dkk, B. (2021). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8651–8659.

Sormin, D., & Rahma Rangkuti, F. (2018). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi Terpadu Mutiara Kota Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4(2), 219. https://doi.org/10.24952/tazkir.v4i2.1107

Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., Toraja, I., Nusantara, J., 12, N., Kabupaten, M., Toraja, T., & Selatan, S. (n.d.). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Topanus Tulak.

Toolkit, Z., Donoghue, J., Nir, Y., Tononi, G., Media, G., Pair, T., Cable, C., Cable, C., Pair, T., Cable, F. O., Cables, T. P., Luis, F., Moncayo, G., & Adobe. (2010). Trends in Cognitive Sciences, 14(2), 88–100. http://landing.adobe.com/en/sea/products/acrobat/69210-may prospects.html?trackingid=KTKAA

Wally, M. (2021). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (Vol. 10, Issue 1).

Yohanes Indra, Y. I., Sugiaryo, S., & Supeni, S. (2022). PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PANCASILA DALAM KEHIDUPAN DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Negeri Colomadu pada Siswa Kelas Sebelas IPA 1 dan 2). Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1). https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.6947

Downloads

Abstract Views : 4
Downloads Count: 2

Published

2025-06-23