PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITALISASI BAGI KEMANDIRIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ihsan Auliya Arrasyid Pendidikan Agama Islam, UIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Aida Nurul Hikmah Pendidikan Agama Islam, UIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Elsa Elsa Pendidikan Agama Islam, UIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Reza Maulana Dalimunthe Pendidikan Agama Islam, UIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Jasiah Jasiah Pendidikan Agama Islam, UIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.14010

Abstract

Kebutuhan sumber pembelajaran yang inovatif, mudah diakses, dan mampu meningkatkan motivasi serta kemandirian belajar siswa. Tulisan ini untuk bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar digitalisasi berbasis website interaktif menggunakan platform Google sites sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa kelas V SD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) yang berisikan materi berbentuk flipbook, quizziz, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen penelitian meliputi angket respon calon guru PAI UIN Palangka Raya. Validasi dilakukan oleh 8 responden calon guru PAI UIN Palangka Raya yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak, baik dari aspek materi maupun tampilan media. Uji produk di seminarkan kepada para calon guru PAI UIN Palangka Raya untuk memperoleh masukan dan evaluasi guna penyempurnaan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil uji produk yang diseminarkan berupa website interaktif berbasis Google sites ini dinilai efektif dan dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran PAI-BP yang mendukung pembelajaran mandiri siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menghasilkan bahwa sumber belajar yang efektif untuk kemandirian siswa.

Keywords:

Digitalisasi, Flipbook, Google Sites, Sumber Belajar, Quizziz

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google sites. Madaniya, 3(4), 776–783. https://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/280

Agus Moh. Sholahuddin, & Anggun Wahyu Sulistya Alyasinda. (2023). Rekonstruksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Google sites Sebagai Upaya Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 215–232. https://doi.org/10.59061/guruku.v1i2.374

Anggie Sri Utar1, M. I. P. N. (2024). LITERATURE REVIEW ON THE EFFECTIVE USE OF GOOGLE SITE AS AN INTERACTIVE MEDIUM IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING. Jurnal Al-Qayyimah, 7, 59–70.

Asepta Assidiqi, Anisa Salmawati, Neng Wulan Anatasya, A. N. A. (2025). Pengembangan Web Digital Berbasis Google Site “Bakti-Ku” Pada Pembelajaran Pai Kelas 4 SD. Y A S I N Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya P-ISSN:, 5, 2023–2040.

Asmawati, A., Samiyono, S., Arifin, A., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Paramansyah, A. (2023). Digitalisasi untuk Layanan Pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Iain Palangka Raya Tahun 2022. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4), 2439–2752. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i4.2592

Budi Harsanto. (2014). Inovasi Pembelajaran di Era Digital menggunakan google sites dan media sosial (Sona Sonjaya (ed.)). UNPAD Press.

Fatimah, S. R., & Nur, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Sites Di Smp Yapis 2 Fakfak. Transformasi Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 2, 92–111.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Simki Pedagogia, 7(1), 328–340.

Jasiah, J. (2017). Pemanfaatan Internet pada Matakuliah Ilmu Pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangkaraya. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 65–86. https://doi.org/10.24256/akh.v5i1.446

Judijanto, L., Muhammadiah, M., Utami, R. N., Suhirman, L., Laka, L., Boari, Y., Lembang, S. T., Wattimena, F. Y., Astriawati, N., Laksono, R. D., M.H., M., & Yunus, M. (2024). Metodologi Research and Development (Teori dan Penerapan Metodologi RnD). In PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/381290945_METODOLOGI_RESEARCH_AND_DEVELOPMENT_Teori_dan_Penerapan_Metodologi_RnD

Kamilah, S. F., Wahyuni, I., & Ratnasari, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Menggunakan Google Sites Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA. Biodik, 9(3), 176–181. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.25523

Media, P., Menggunakan, E. I., Wizer, W., Sosial, I. P., Dasar, S., Lembar, E., Siswa, K., Interaktif, E., Wizer, W., Pekerjaan, M. B., Iv, K., Dasar, S., Interaktif, E., Interaktif, E., Wizer, W., Pekerjaan, B., Dasar, I. V. S., & Kunci, K. (2020). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II Oktavia Ning Safitri PGSD FIP UNESA ( oktavia.18212@mhs.unesa.ac.id ) Mulyani PGSD FI. 4.

Muzakki, Saudah, Aziz, A., Jennah, R., Aghnaita, Anggraeni, D., Ervina, & Nurwie. (2024). Pengembangan Media Interaktif Tema Binatang di Ra Al-Azhar Palangka Raya. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 219–236.

Najiah, N. F., Fakhrunnisaa, N., & Assafari, A. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Web Kelas XIPA di SMAN 1 Enrekang. Islamika, 6(3), 699–711. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3.4632

Nashrullah, M., Rahman, S., Majid, A., Hariyati, N., & Budiyanto. (2025). Tranformasi Digital Dalam Pendidikan Indonesia: Analisis Kebijakan Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 52–59.

Nuzli, M., Ismiah, P., & Wahyuni, S. (2022). Upaya Pemanfaatan Fasilitas Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI), 2(3), 101–108.

Peñalosa-Castro, E., & Zavaleta-Morales, H. (2016). Ubicua and Dialecta: Two Digital Environments That Support Teaching and Educational Innovation. Creative Education, 07(05), 730–740. https://doi.org/10.4236/ce.2016.75077

Perdana, J. W., Jihaddifa, J., & Gusmaneli, G. (2024). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Digital. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 934–942.

Putri, R. A. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital. JOURNAL OF COMPUTERS AND DIGITAL BUSINESS, 2(3), 105–111.

Qona, I., Puspitasari, D., Khobir, A., & Mahmudah, U. (2024). Bahan Ajar Interaktif dan Inovatif Berbasis Teknologi Google Sites. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(7), 6573–6580.

Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4D Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14–22. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/144

Rasyid, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Self Directed Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 17 Jakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 89–99. Https://Doi.Org/10.32678/Geneologipai.V6i2.2333

Rofidah, L., & Muhid, A. (2022). Media dan Hibrid Identitas Keagamaan di Era Digital. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(1), 81. https://doi.org/10.29240/jdk.v7i1.4805

Rofika Sari, S., Kurnia, I., & Laila, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Website Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Nilai-Nilai Pancasila. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 774–785. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.542

Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(4), 3327–3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962

San, F. Y. G., Mardiana, P., Safitri, S., & Ardiansyah, T. (2024). Efektivitas pembelajaran sejarah berbasis kuis interaktif. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(3), 226–245.

Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 2614–3275. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.458.

Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.

Sorta Simanjuntak, D. T. (2024). Keefektivan Media Interaktif Berbasis Ispring Suite Dalam Pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Di Pgsd Unimed Sorta.

Supriatna, D., Sepriyanti, D., & Hartono, R. (2024). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web Google Site Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 63–79.

Suradika, A., & Gunadi, A. A. (2020). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An - Nizomiyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Susanti, S. S., Nursafitri, L., Hamzah, I., Zunarti, R., Darmanto, Fitriyah, Asy’arie, B. F., & Sa’ad, M. S. (2024). Innovative Digital Media in Islamic Religious Education Learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 40–59. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7553

Syah, Y. A., & Hidayatullah, R. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 6(1), 56–65. https://doi.org/10.26740/jvte.v6n1.p56-65

Utia, M., Mas, S. R., & Suking, A. (2024). Equity in Education Journal (EEJ). Equity in Education Journal (EEJ), 6(2), 69–76. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/2447/2221

Wahyuni, S. (2022). Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 13404–13408.

Warsita, B. (2013). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas Evaluation of Instructional Media As a Quality Control. Jurnal Teknodik, 17(1), 438–447.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model (Issue March). CV> Seribu bintang. https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254

Yusuf, B. (2024). Journal of Instructional and Development Researches Teknologi dan Personalisasi Pembelajaran Pendidikan Islam untuk Generasi Z. Journal of Instruction and Development Researches , 4(4), 277–285. https://doi.org/10.53621/jider.v4i4.344

Zahwa, F. A. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.

Downloads

Abstract Views : 23
Downloads Count: 13

Published

2025-06-03