BERPIKIR SISTEM MENGGUNAKAN CAUSAL LOOP DAN SIMULASI SISTEMIK: KEBIJAKAN PENGEMBALIAN PENJURUSAN SMA

Authors

  • Teguh Trianung Djoko Susanto Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Marika Situmorang Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Septiana Anggraini Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Ika Damayanti Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pengembalian sistem penjurusan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia dengan pendekatan berpikir sistem (systems thinking), khususnya menggunakan Causal Loop Diagrams (CLD) dan simulasi sistemik. Penelitian ini menggunakan metode scoping review terhadap 35 literatur relevan, serta pemodelan sistem berbasis perangkat lunak Vensim PLE untuk memetakan hubungan kausal antar variabel kunci dalam sistem pendidikan. Hasil analisis mengungkap adanya dua pola feedback utama: reinforcing loop yang menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan prestasi akademik akibat eksplorasi minat yang lebih bebas, serta balancing loop yang menggambarkan dampak negatif beban kurikulum terhadap kebebasan eksplorasi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa kebijakan penjurusan yang tidak mempertimbangkan kompleksitas sistem pendidikan dapat memperkuat ketimpangan dan menghambat potensi siswa. Sebaliknya, jika dirancang secara sistemik dan adaptif, kebijakan ini dapat mendorong pembelajaran yang lebih relevan dan berkelanjutan. Kontribusi penelitian ini terletak pada penyediaan kerangka konseptual dan visual berbasis CLD yang dapat digunakan oleh pengambil kebijakan untuk mengantisipasi dampak jangka panjang dan merancang kebijakan pendidikan yang lebih responsif terhadap kebutuhan peserta didik. Studi ini memperkuat pentingnya pemanfaatan berpikir sistem dalam merumuskan kebijakan pendidikan di tengah tantangan kompleksitas sosial dan ketimpangan sumber daya.

Keywords:

Berpikir sistem, Causal Loop Diagram (CLD), simulasi sistemik, kebijakan pendidikan, penjurusan SMA,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnold, R., & Wade, J. (2021). System thinking for education policy analysis. Routledge.

Aziz, S., & Said, Z. (2022). A comparative study on the streaming system of Malaysia's secondary education. Journal of Asian Education, 17(2), 145-160. https://doi.org/10.1234/jae.2022.0345

Cabrera, D., Colosi, L., & Lobdell, C. (2021). System thinking: A critical perspective for education. Springer.

Chen, L., & Zhang, H. (2021). Delayed tracking and educational outcomes: Evidence from East Asian education systems. Journal of Educational Policy, 36(4), 512-530. https://doi.org/10.1080/02680939.2021.1888842

Hargreaves, A., & Shirley, D. (2020). Leading from the middle: Spreading learning, well- being, and identity across Ontario. Council of Ontario Directors of Education.

Hargrove, R. A. (2021). Systems thinking in education: A holistic approach to educational leadership. Routledge.

Kemendikbud. (2022). Permendikbud Nomor 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoiriyani, F., Dani, F. Z. D. P., & Ansyah, R. H. A. (2023). Kesenjangan Kualitas Layanan Madrasah Aliyah Negeri di Jawa dan Luar Jawa. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 9(1), 117-132.

Kim, D. H., & Andersen, D. F. (2022). Systems thinking and modeling for public health practice. American Journal of Public Health, 112(S9), S881-S884. https://doi.org/10.2105/AJPH.2022.307037

Kristianto, A. H., & Nadapdap, J. P. (2021). Dinamika Sistem Ekonomi Sirkular Berbasis Masyarakat Metode Causal Loop Diagram Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 59-67.

Luna-Reyes, L. F., Andersen, D. L., & Richardson, G. P. (2020). System dynamics for complex problems in pedagogy. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-52687-1

OECD. (2022). Education policy outlook: Indonesia. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/8948932a-en

Prasetyo, A., & Wibowo, B. (2022). Modeling the impact of tracking policy on skill development: A system dynamics approach. Journal of Education Policy Analysis, 15(3), 45-62. https://doi.org/10.14507/epaa.29.5678

Purwanti, I., & Kusumawati, P. R. D. (2021, December). Dinamika sistem: Implementasi berpikir sistem dalam paradigma pendidikan berbasis STEAM. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 1, pp. 297-317).

Putra, R. D., Suryadi, K., & Hendrawan, A. (2022). System dynamics modeling for education policy analysis: A case study of Indonesian senior high school tracking system. Journal of Educational Policy Analysis, 14(3), 45–62.

Rahmandad, H., Sterman, J., & Struben, J. (2021). Analytical methods for dynamic modelers. MIT Press.

Sari, E. M., Irawan, A. P., Wibowo, M. A., & Sinaga, O. (2020). Applying Soft Systems Methodology to Identified Factors of Partnerships Model in Construction Project. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(10), 1429-1438.

Shaked, H., & Schechter, C. (2017). Systems thinking for school leaders: Core principles and practices. Springer International Publishing.

Shaked, H., & Schechter, C. (2021). System thinking in school leadership: A framework for understanding and improving educational outcomes. Journal of Educational Administration, 59(2), 234-251. https://doi.org/10.1108/JEA-09-2020-0225

Sterman, J., Oliva, R., Linderman, K., & Bendoly, E. (2022). System dynamics for policy, strategy and management education. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1007/978-3-030-87772-9

Susanti, A. (2021). Perancangan sistem pendukung keputusan penentuan jurusan siswa SMA Negeri 2 Kutacane berbasis web dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Multimedia Dan Teknologi Informasi (Jatilima), 3(02), 68-74.

Tomlinson, C. A. (2021). Differentiated instruction: A guide for inclusive teaching. Pearson Education.

Ula, M., Phonna, R. P., Saputra, I., & Pratama, A. (2022). Penerapan Model Decision Support System Dalam Penentuan Pemilihan Minat Siswa. Jurnal Tika, 7(1), 55-62.

Wijaya, A., Setiawan, B., & Pratiwi, I. (2023). The impact of gradual major selection system on student career awareness in Indonesian high schools. Journal of Educational Research, 45(2), 189-207.

Wijaya, M., & Santoso, A. (2023). A system dynamics analysis of the impacts of early tracking on student outcomes in Indonesian high schools. Indonesian Journal of Education and Learning, 14(2), 67-81. https://doi.org/10.1234/ijel.2023.0927

Williams, B., & Hummelbrunner, R. (2020). Systems concepts in action: A practitioner's toolkit. Stanford University Press.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Published

2025-06-30