EFEKTIVITAS PELATIHAN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13891Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan guru dalam mendukung implementasi pendidikan inklusif di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya jumlah anak usia dini dengan kebutuhan khusus dan pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Permasalahan utama yang diangkat adalah sejauh mana pelatihan guru mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka melalui analisis terhadap jurnal-jurnal ilmiah terkini yang diperoleh dari sumber bereputasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi untuk mengidentifikasi pola, tema, dan hubungan antar konsep yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan guru memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan efikasi diri, kompetensi pedagogis, serta kesiapan dalam menghadapi keberagaman peserta didik. Pelatihan yang sistematis, kontekstual, dan berorientasi praktik nyata terbukti efektif mendukung keberhasilan pendidikan inklusif di PAUD. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan pelatihan guru berbasis bukti dan dukungan berkelanjutan agar pelaksanaan pendidikan inklusif di tingkat PAUD dapat berjalan secara optimal dan berkelanjutan.
Keywords:
pelatihan, guru, pendidikan, inkklusi, anak usia diniDownloads
References
Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Amaliani, R., Yunitasari, S. E., Fajriah, D., Salmiani, S., & Gustini, E. (2024). Sarana dan Prasarana Sekolah Inklusi “Kunci Sukses Pendidikan Inklusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 361-366. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.361-366.2024
Ambarita, J., Simanullang, M. P. K. P. S., & Adab, P. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Penerbit Adab.
Chao, W.-L., Chu, S.-Y., Wang, Y.-W., & Yang, T.-H. (2025). Culturally Responsive Teaching Efficacy of Teachers at Inclusive Preschools in Taiwan. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-025-01882-2
Donath, J. L., Lüke, T., Graf, E., Tran, U. S., & Götz, T. (2023). Does Professional Development Effectively Support the Implementation of Inclusive Education? A Meta-Analysis. Educational Psychology Review, 35(1), 30. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09752-2
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.
Ginja, T. G., & Chen, X. (2023). Conceptualising inclusive education: the role of teacher training and teacher’s attitudes towards inclusion of children with disabilities in Ethiopia. International Journal of Inclusive Education, 27(9), 1042–1055. https://doi.org/10.1080/13603116.2021.1879958
Haryani, H., Salong, A., de Vega, N., Januaripin, M., Yohana, Y., Nelly, N., ... & Subaedah, S. (2024). Profesi keguruan: Teori & konsep profesi keguruan yang profesional untuk menghasilkan peserta didik yang unggul. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hawthorne, M., Bourke, M., Bruijns, B. A., Vanderloo, L. M., Irwin, J. D., Heydon, R., Carson, V., Johnson, A. M., Adamo, K. B., Burke, S. M., Timmons, B. W., & Tucker, P. (2025). The Efficacy of the TEACH e-Learning Course at Improving Early Childhood Education Students’ Physical Activity and Sedentary Behaviour Related Self-Efficacy, Knowledge, Intentions, and Perceived Behavioural Control. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-025-01855-5
Inniyah, S. (2023). Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak Pada Sekolah Menengah Pertama. Uwais Inspirasi Indonesia.
Ismiatun, A. N., & Atika, A. R. (2020). Facing the Challenges of Inclusive Education in Early Childhood Education. Proceedings of the International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2019 (ECEP 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.010
Kusmaryono, I. (2023). Faktor berpengaruh, tantangan, dan kebutuhan guru di sekolah inklusi di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 12-23. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.1.12-23
Luo, Y., & Li, H. (2024). An evidence-based inclusive pedagogical approach in action and its insights for enhancing the professional competence of inclusive education teachers in China. International Journal of Chinese Education, 13(1). https://doi.org/10.1177/2212585X241242529
Majoko, T. (2018). Effectiveness of special and inclusive teaching in early childhood education in Zimbabwe. Early Child Development and Care, 188(6), 785–799. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1237514
Meilina, A. P. (2025). Analisis Kesenjangan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PGMI: Kajian Kritis Berbasis Teori Konstruktivistik. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 207-219. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1114
Nasir, M., Mahmudinata, A. A., Ulya, M., & Firdaus, F. A. (2023). Strategi pemberdayaan sekolah sebagai upaya peningkatan manajemen pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2). https://doi.org/10.62504/mbznza39
Nisa, K., Wijaya, R. P., Ermawati, Tri, P. L., Tjalla, A., & Wahyuni, L. D. (2024). Assessing the Readiness of Early Childhood Teachers to Facilitate Inclusive Classes. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(3), 411–423. https://doi.org/10.23887/paud.v11i3.70495
Novianti, D. A., Kumala, A. D. A., Wulandari, W. E., & Puspitadewi, G. C. (2023). Evaluasi Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Pada Perpustakaan Umum Kota Batu Berdasarkan Model Evaluasi Kirkpatrick. LibTech: Library and Information Science Journal, 4(1), 15-29. https://doi.org/10.18860/libtech.v4i1.19798
Nurfadhillah, S. (2021). Pendidikan Inklusi Pedoman bagi Penyelenggaraan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusu. CV Jejak (Jejak Publisher).
Paramansyah, A., & Parojai, M. R. (2024). Pendidikan Inklusif Dalam era Digital. Penerbit Widina.
Perdana, P. R., Meiliawati, F. M., Rukmayadi, Y. R., Syafaat, S., & Ardianto, T. (2022). Efektifitas Pelatihan Bahasa Isyarat Dasar bagi Calon Guru Inklusi di Wilayah Provinsi Banten. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 1(1), 14-27. https://doi.org/10.30631/jdsr.v1i1.1328
Pitkäniemi, H., Hirvonen, R., Heikka, J., & Suhonen, K. (2025). Teacher Efficacy, Its Sources, and Implementation in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 53(5), 1705–1715. https://doi.org/10.1007/s10643-024-01713-w
Satar, S., Judijanto, L., Haryono, P., Septikasari, D., Zamsir, Z., Pirmani, P., ... & Gaspersz, V. (2025). Metode dan Model Pembelajar Inovatif: Teori dan Praktik. PT. Green Pustaka Indonesia.
Sulaiman, S., Ramopoly, I. H., Panggalo, I. S., Sarajar, D. K., & Tulak, H. (2024). Buku Ajar Pendidikan Inklusi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Utami, P. R., Rahmawati, L., & Noktaria, M. (2025). Pengembangan Kompetensi Dan Soft Skill Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Tinjauan Literatur. ManajeriaL: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 55-65. https://doi.org/10.51878/manajerial.v5i1.4734
Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran berdiferensiasi berbasis media digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 142-154. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15974
Yasin, M. H. M., Susilawati, S. Y., Tahar, M. M., & Jamaludin, K. A. (2023). An analysis of inclusive education practices in East Java Indonesian preschools. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1064870
Zhang, L., Liu, X., & Lin, Y. (2019). Teachers’ perception of the response to intervention implementation feasibility in Chinese inclusive early childhood education. International Journal of Developmental Disabilities, 65(5), 387–395. https://doi.org/10.1080/20473869.2019.1640995
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cicik Fauziyah, Mochamad Nursalim, Budi Purwoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.