HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL GURU DENGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN)
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13617Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial guru dengan minat belajar matematika pada siswa MTsN. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 100 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan skala dukungan sosial guru dan skala minat belajar. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 25.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan yang rendah secara positif antara dukungan sosial guru dengan minat belajar matematika. Hal ini dilihat dari hasil r hitung > r tabel = 0.256 > 0.197, dan p = 0.000 < 0.05, yang berarti bahwa hipotesis diterima. Artinya, terdapat hubungan yang rendah antara dukungan sosial guru dengan minat belajar matematika pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda.
Kata Kunci:
Dukungan sosial guru, Minat belajar matematika, Madrasah Tsanawiyah NegeriUnduhan
Referensi
Adiansyah, R. (2024). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Minat Belajar Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri 15 Bone. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher), 5(2), 394–400.
Al Fuad, Z. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42–54.
Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90–100.
Gaol, L. (2018). Membenahi Kualitas Pendidikan Indonesia. Analisadaily.Com.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.
Kumalasari, A. G., & Desiningrum, D. R. (2017). Hubungan antara dukungan sosial guru dengan pengungkapan diri (self disclosure) pada remaja. Jurnal Empati, 5(4), 640–644.
Lestari, D. E. (2024). Studi Komparasi Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Jepang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 40–46.
Lily, S. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(3), 187–192.
Masnawati, E., & Hariani, M. (2023). Teacher Exemplification and Its Influence on Students’ Social Behavior. Studi Ilmu Sosial Indonesia Manajemen, 3(1), 31–48.
Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. E. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681.
Nurhasanah, N., & Satriyadi, S. (2022). Kesulitan belajar dan faktor penyebabnya pada siswa smp sabilal akhyar kwala gumit. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 83–91.
Prasetyo, D., & Rini, A. P. (2024). Hubungan Dukungan Sosial dengan Minat Belajar Pada Anak Jalanan Di Save Street Child. Ournal of Social, Culture, and Language, 2(2), 129–135.
Prayuga, Y., & Abadi, A. P. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d), 1052–1058.
Putri, A. F. E. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Artikel Skripsi, 5.
Putri, C. T., & Trisnawati, N. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Minat Belajar Statistika Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA di Era COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5486–5493.
Safitri, S. M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Dukungan Orang Tua dan Kepercayaan Diri Terhadap Minat Belajar Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 14(1), 77–90.
Santoso, S. (2012). Panduan lengkap spss versi 20. PT Elex Media Komputindo.
Silfitrah, S., & Mailili, W. H. (2020). Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 4 sigi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–60.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aulia Suhesty, Nurul Muhibbah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.