PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI

Authors

  • Fauzia Hoerunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ambar Sri Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nandang Abdurohim UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i1.11379

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh sistem informasi manajemen (SIM) pendidikan terhadap kualitas pelayanan administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 dan 3 Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi implementasi SIM, menilai kualitas pelayanan administrasi, dan menganalisis hubungan antara keduanya. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, serta berbagai uji statistik termasuk regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SIM berada pada kategori tinggi dengan nilai 4,23, sedangkan kualitas pelayanan administrasi juga berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 4,47. Uji signifikansi menunjukkan nilai T-test sebesar 0,000 (p < 0,05) dan thitung 8,520, mengindikasikan pengaruh signifikan SIM terhadap kualitas pelayanan administrasi dengan koefisien determinasi 78,4%. Kesimpulannya, SIM pendidikan berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan administrasi di madrasah tersebut.

Keywords:

sistem informasi manajemen, kualitas pelayanan administrasi, pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ais, Z. (2011). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Amalia, N. A. (2020). Hubungan sistem informasi manajemen peserta didik dengan kepuasan orang tua dalam pelayanan administrasi kesiswaan: Penelitian di SMPIT Anni'mah Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Amiruddin. (2017). Kinerja Pegawai Tata Usaha dengan Mutu Layanan Administrasi. Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 126-145.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Awalia, S. &. (2022). Sistem Informasi Manajemen: Tujuan Sistem Informasi Manajemen. PT. Bumi Aksara.

Doni, M. (2019). Analisis faktor kepuasan orang tua siswa terhadap kualitas layanan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Al Madinah Balong Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Fitzsimmons, A. J. (2001). Service Management Creating Competitive Advantage, Operations, Strategy and Information Technology. New York: McGraw-Hill Book International Edition.

Gordon, D. (1999). Management Information System. SEventh Edition. Newyork: McGraw-Hill Book Company.

Gorry, G. a. (1971). A Framework for Management Information Systems, (USA: Sloan Management Review). 32.

Indonesia, P. R. (2003). Undang_undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Irawati, I. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Pt. Telkom Kota Palopo. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 3(2), 6-12. Retrieved from https://doi.org/10.35906/jm001.v3i2.302

Musdalifah, M. M. (2019). Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Pelayanan Administrasi di SMA Negeri 1 Barru. Journal of Islamic Education Management, 4(1), 19-34.

Mustofa, A. &. (2020). Konsepsi Implementasi Sistem Informasi Managemen Dalam Mendukung Pelayanan Tenaga Pendidik. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1-14.

Nurul, S. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keamanan Sistem Informasi: Keamanan Informasi, Teknologi Informasi Dan Network (Literature Review Sim). . Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 564-573.

Parasuraman, A. Z. (1988). SERVQUAL: A MultipleItem Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.

Raymond, M. (2001). Management Information System. Eight Edition. New Jersey: Prentice-Hall International,Inc.

Rochaety, E. (2009). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusdiana, A. (2019). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Konsep, Prinsin, dan Aplikasi. Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sagala, S. (2013). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Scott, G. (1997). Prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT.Rajagafindo Persada.

Setyobudi, D. d. (2014). Konsumen dan Pelayana Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Soleman, Z. (n.d.). Pengaruh Kompetensi Tenaga Kependidikan Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kota Adminstrasi Jakarta Pusat.

Stoner, J. A. (2001). Management. Seventh Edition. New Jersey: Prentice JakartaHall Inc.

Sugiyo. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Syamsi, I. (1995). Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjiptono. (2003). Total Quality Manajemen. Andi Offset.

Wijaya, D. (2008). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah. In Jurnal Pendidikan Penabur, 7(11), 42-56.

Yusuf, Z. A. (2020). Administrasi Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Zakia, H. (2019). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen sebagai Strategi dalam Menjalin Kerjasama Sekolah dengan Wali Murid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Talamu . Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 58-65.

Zakiyudin, A. (2011). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Zamroni, M. A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Dlanggu. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(1), 11-21.

Zeithmal, V. A. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations.

Downloads

Abstract Views : 45
Downloads Count: 56

Published

2024-12-30