Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan

(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Penulis

  • Eva Ahmad Universitas Majalengka
  • Tito Marta Sugema Dasuki Universitas Majalengka
  • Euis Meilani Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jaksi.v5i1.8008

Abstrak

Sebuah perusahaan yang baik dapat terlihat dari nilai perusahaannya, saat ini persaingan bisnis antar
perusahaan sangat ketat dan tidak lepas dari pengaruh perkembangan sosial, politik, teknologi dan
ekonomi. Oleh karena itu perusahaan harus lebih efektif dan efisien dalam menjalankan kegiatan
operasional perusahaan serta meningkatkan kinerja dan berinovasi dengan meningkatkan
kesejahteraan pemegang saham serta meningkatkan pertumbuhan perusahaan dengan meningkatkan
nilai perusahaan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan
menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor
makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Sementara itu, sampel
dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 19
perusahaan selama 3 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan
ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan

Kata Kunci:

firm value, profitability, leverage, firm size

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 58
Downloads Count: 374

Diterbitkan

2024-02-13