PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/jaksi.v5i3.11555Abstract
Pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang dan persaingan bisnis yang ketat, sehingga
perusahaan harus terus berupaya mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, perusahaan perlu
meningkatkan kemakmuran pemegang saham dan meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dan membandingkan nilai perusahaan sebelum dan selama pandemi Covid-19.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan Makanan dan Minuman yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2022. Metode pengambilan sampel dengan metode
Purposive Sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 12 perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2022. Jenis data bersumber dari data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji beda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai perusahaan sebelum
dan selama pandemi Covid-19. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa sebelum pandemi Covid-19,
likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, namun leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan secara simultan likuiditas, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Selama pandemi Covid-19, likuiditas dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, namun profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan secara simultan likuiditas, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Keywords:
firm value, leverage, likuidity, profitabilityDownloads
