PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

Authors

  • robi maulana Universitas Majalengka
  • Agustine Sulviani universitas majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jaksi.v5i2.9715

Abstract

Tingkat pemahaman akuntansi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika
dan Bisnis Universitas Majalengka terdapat perbedaan antara hasil survei nilai IPK mahasiswa tersebut
dinilai bagus tetapi berbanding terbalik dengan hasil survei pendahuluan di awal menunjukan bahwa
mahasiswa tidak sepenuhnya paham dengan materi matakuliah yang disampaikan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar dan
minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi studi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dimana dalam penentuan sampel dengan
pertimbangan tertentu, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Pengujian
instrumen penelitian dilakukan dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis datanya
menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif melalui uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda,
analisis determinasi, dan uji hipotesis uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional,
perilaku belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, artinya
semakin tinggi kecerdasan emosional, perilaku belajar dan minat belajar maka akan semakin meningkat
pula tingkat pemahaman akuntansi.

Keywords:

Kecerdasan Emosional, , Perilaku Belajar, , Minat Belajar, , Tingkat Pemahaman Akuntansi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 22
Downloads Count: 21

Published

2024-06-30