PENGARUH MOTIVASI DAN MODAL USAHA TERHADAP KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA

Authors

  • Endah Prihartini Universitas Majalengka
  • Pipih Sopiyan Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jaksi.v4i2.5393

Abstract

Kehadiran dan peranan wirausaha dapat memberikan pengaruh terhadap perbaikan ekonomi maupun kemajuan suatu negara, dengan latar belakang keputusan berwirausaha di kalangan mahasiswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Motivasi dan Modal Usaha terhadap Keputusan Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Majalengka.

Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Majalengka yang menjalankan atau memiliki usaha, dengan sampel sebanyak 100 orang. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas data, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis menggunakan  uji t.

Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Artinya motivasi menjadi faktor pendorong peningkatan keputusan berwirausaha pada mahasiswa. Sedangkan modal usaha tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Artinya tinggi rendahnya modal usaha tidak akan mempengaruhi keputusan berwirausaha.

Keywords:

motivasi, Modal Usaha dan Keputusan Berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 191
Downloads Count: 358

Published

2023-06-27