ANALISA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN SEBAGAI INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.31949/j-aksi.v6i1.12805Abstract
Perusahaan barang konsumsi dituntut untuk terus berupaya meningkatkan kekayaan dengan meningkatkan nilai perusahaan karena investor tertarik menanamkan modal ketika nilai perusahaan meningkat. Penelitian ini menyelidiki faktor mengganggu pertumbuhan laba dan nilai perusahaan. Profitabilitas yang diproksikan ROA, variabel likuiditas diproksikan dengan rasio current, dan variable struktur modal diproksikan debt to asset sebagai variable eksogen. Variabel endogen yaitu pertumbuhan perusahaan dan nilai perusahaan dengan intervensi endogen. Teknik pengambilan sampel purposive digunakan sehingga diperoleh 16 perusahaan dalam industri makanan dan minuman. Dalam penelitian ini analisis jalur digunakan. Hasil penelitian menyatakan beberapa faktor memengaruhi nilai bisnis: profitabilitas, pertumbuhan, likuiditas, dan struktur modal. Pertumbuhan bisnis meningkatkan pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, sedangkan pertumbuhan perusahaan menurunkan pengaruh likuiditas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan.
Keywords:
likuiditas, nilai perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, struktur modalDownloads
