PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, CORPORATE GOVERNANCE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Ananda Putra Ardiansah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Samsul Rosadi UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/j-aksi.v6i1.12525

Abstract

Pada era digital yang serba cepat, penyebaran informasi melalui internet dan media sosial memiliki dampak yang luas terhadap masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kinerja lingkungan, tata kelola perusahaan (corporate governance), dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel mediasi. Penelitian ini difokuskan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Dari populasi tersebut, dipilih 23 perusahaan sebagai sampel berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan data panel untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap CSR dan nilai perusahaan. Ini menandakan bahwa perusahaan yang memiliki profitabilitas lebih tinggi cenderung lebih mampu menjalankan program CSR dengan kualitas yang lebih baik. Di sisi lain, kinerja lingkungan dan tata kelola perusahaan tidak terbukti memengaruhi nilai perusahaan melalui CSR sebagai variabel mediasi. Temuan ini menyiratkan bahwa meskipun CSR dapat berkontribusi terhadap reputasi perusahaan, faktor-faktor keuangan seperti profitabilitas lebih dominan dalam menentukan nilai perusahaan di pasar. Dengan demikian, perusahaan perlu lebih memperhatikan aspek finansial selain upaya CSR untuk meningkatkan daya tariknya di mata investor.

Keywords:

Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Kinerja Lingkungan, Nilai Perusahaan, Profitabilitas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 148
Downloads Count: 120

Published

2025-02-24