PENGUATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DAN OPTIMALISASI PERAN BUMDES TERHADAP KEMANDIRIAN DESA

  • Hani Sri Mulyani Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka
  • Dadang Sudirno Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka
  • Moch Irvan Dwi Juliana R Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka

Abstract

Kemandirian desa merupakan kondisi sebuah desa maju yang memiliki kemampuan melakukan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup dan sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Permasalahan yang dihadapi pada desa di Kecamatan Cigasong adalah kurangnya kinerja pemerintah desa dan pengelola BUMDes dalam hal mengembangkan potensi yang ada di desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguatan pengelolaan keuangan desa dan optimalisasi peran BUMDes terhadap kemandirian desa.

Metod Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriftif dan Veifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data kulaitatif yang di kuantitatifkan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dengan menggunakan teknik survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur pemerintah desa dan pengelola BUMDes yang ada di Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuhdengan jumlah sampel sebanyak 7 desa dan jumlah responden sebanyak 35 orang.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan program SPSS versi 21 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penguatan pengelolaan keuangan desa berpengaruh terhadap kemandirian desa, Optimalisasi peran BUMDes berpengaruh terhadap kemandirian desa, Penguatan pengelolaan keuangan desa dan Optimalisasi peran BUMDes berpengaruh terhadap kemandirian desa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-01