Analisis Klaster Pengaruh Hasil Belajar Matematika dan Bahasa Indonesia Terhadap Pengerjaan Soal Matematika Dibantu ChatGPT

Penulis

  • Isnan Sunu Yuntaro Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.9490

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara hasil belajar matematika dan bahasa Indonesia dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dibantu oleh Chatbot ChatGPT. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional kuantitatif. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling, yang melibatkan satu kelas XI di SMAN 6 Karawang dengan memastikan kefasihan penggunaan teknologi peserta didik. Data dikumpulkan dari hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia serta performa siswa dalam menyelesaikan soal Matematika dengan bantuan ChatGPT. Analisis data dilakukan dengan uji korelasional Rank Spearman dan algoritma K-means clustering untuk mengidentifikasi sub-kelompok dalam data. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara hasil belajar matematika dengan skor pengerjaan soal matematika yang dibantu ChatGPT (r = 0.828), sementara korelasi antara hasil belajar Bahasa Indonesia dengan skor pengerjaan soal matematika yang dibantu ChatGPT lebih rendah (r = 0.334). Analisis klaster menunjukkan bahwa kelompok siswa dengan hasil belajar matematika tinggi menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam menyelesaikan soal matematika dengan bantuan ChatGPT dibandingkan kelompok lain.

Kata Kunci:

Bahasa indonesia, Hasil belajar, personalized learning, kecerdasan buatan, Chatgpt, nlp, K-Means Clustering

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Mokhammad Ridwan Yudhanegara, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen pembimbing

Referensi

Alalawi, S. J. S., Shaharanee, I. N. M., & Jamil, J. M. (2023). Clustering student performance data using k-means algorithms. Journal of Computational Innovation and Analytics (JCIA), 2(1), 41-55. https://doi.org/10.32890/jcia2023.2.1.3

Bagus, C. Y. I. (2018). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran pada kelas vii-b mts assyafi’iyah gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234

Faisal, R. A. (2019). Influence of personality and learning styles in english language achievement. Open Journal of Social Sciences, 07(08), 304-324. https://doi.org/10.4236/jss.2019.78022

Jang, E. J. (2023). Evaluation of affective domains and technology acceptability of collaborative learning using generative ai chatgpt of preservice teachers. Institute of Brain-Based Education Korea National University of Education, 13(3). https://doi.org/10.31216/bdl.20230014

Kasmiati, Hastuty Musa & Andi Quraisy (2022). Pengaruh Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi .Pendidikan Matematika.

Larasati, A., Hajji, A. M., Handayani, A. N., Azzahra, N., Farhan, M., & Rahmawati, P. (2019). Profiling academic library patrons using k-means and x-means clustering. International Journal of Technology, 10(8), 1567. https://doi.org/10.14716/ijtech.v10i8.3440

Lei, J. (2022). An analytical model of college students’ mental health education based on the clustering algorithm. Mathematical Problems in Engineering, 2022, 1-11. https://doi.org/10.1155/2022/1880214

Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Liu, R. (2022). Data analysis of educational evaluation using k-means clustering method. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022, 1-10. https://doi.org/10.1155/2022/3762431

Maulina, D., Pramudiyanti, P., Rakhmawati, I., & Meriza, N. (2021). Program pendampingan kegiatan kompetisi sains nasional bidang biologi siswa sman 5 bandar lampung. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 73-79. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2818

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.

Nangim, N. and Hidayati, K. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa saat pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1034. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3593

Nuryanti, N., Rosyana, T., & Rohaeti, E. E. (2018). Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap kemampuan penalaran dan self confidence siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 401. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p401-408

Perkins, I. and Flores, A. (2002). Mathematical notations and procedures of recent immigrant students. Mathematics Teaching in the Middle School, 7(6), 346-351. https://doi.org/10.5951/mtms.7.6.0346

Rahman, I. H., Yassar, M. M., Fauziah, N. S., Rohmi, N., & Sugilar, H. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis materi bangun ruang. Jurnal Perspektif, 3(1), 47. https://doi.org/10.15575/jp.v3i1.36

Rhamdania, N. and Basuki, B. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi bangun ruang sisi datar di kampung gudang kecamatan bayongbong kabupaten garut. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 201-212. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2232

Rianto, A. (2017). Daya prediksi tugas problem solving terhadap penguasaan konsep matematika prodi teknik sipil. Innovation of Vocational Technology Education, 7(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v7i1.6074

Sallam, M., Salim, N. A., Barakat, M., & Al-Tammemi, A. B. (2023). Chatgpt applications in medical, dental, pharmacy, and public health education: a descriptive study highlighting the advantages and limitations. Narra J, 3(1), e103. https://doi.org/10.52225/narra.v3i1.103

Santosa, R. G., Lukito, Y., & Chrismanto, A. R. (2021). Classification and prediction of students’ gpa using k-means clustering algorithm to assist student admission process. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 7(1), 1. https://doi.org/10.20473/jisebi.7.1.1-10

Seyal, A. H., Siau, N. Z., & Suhali, W. S. H. (2019). Evaluating students’ personality and learning styles in higher education: pedagogical considerations. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 145-164. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.7.10

Shaikh Zikra Riyaz and Shaikh Suvaid Salim (2023). Google's bard and open ai's chatgpt: revolutionary ai technologies and their impact on education. International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, 195-202. https://doi.org/10.48175/ijarsct-12127

Wang, Y., Shen, H., & Chen, T. J. (2023). Performance of chatgpt on the pharmacist licensing examination in taiwan. Journal of the Chinese Medical Association, 86(7), 653-658. https://doi.org/10.1097/jcma.0000000000000942

Unduhan

Abstract Views : 22
Downloads Count: 17

Diterbitkan

2024-07-04

Cara Mengutip

Yuntaro, I. S., & Yudhanegara, M. R. (2024). Analisis Klaster Pengaruh Hasil Belajar Matematika dan Bahasa Indonesia Terhadap Pengerjaan Soal Matematika Dibantu ChatGPT. Didactical Mathematics, 6(2), 141–150. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.9490