Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar

Penulis

  • Fatimah Nur Hidayah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9097

Abstrak

Kemampuan pemahaman konsep matematis penting untuk dimiliki oleh siswa, dengan memahami konsep siswa bisa menerima materi atau pelajaran berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada soal cerita aljabar. Berdasarkan tujuannya penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 2 Telukjambe Timur, yang dilakukan pada hari kamis, 6 Desember 2023. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Data yang diambil mengginakan instrumen tes dengan materi aljabar. Berdasarkan analisis data diperoleh terdapat 7 siswa dengan kategori sangat rendah, 1 siswa dengan kategori rendah, dan 2 siswa dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata dari keseluruhan nilai siswa adalah 41,5 yang menunjukan bahwa siswa kelas VII-E SMPN 2 Telukjambe Timur memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kategori rendah.

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep Matematis; , Soal Cerita; , Aljabar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Atika, V. T., Murtiyasa, B., & Kom, M. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Authentic Task (PTK pada Siswa Kelas VIII H Semester Genap SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Dwi Budiarti, C., Purwanto, S. E., & Hendriana, B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran M-Apos Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 15–22.

Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal peluang, 4(1).

Kesumawati, O. N. (n.d.). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika.

Khasanah, U., Prodi Pendidikan Matematika, M., & Prodi Pendidikan Matematika, D. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi Steam Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Seminar, P., Penelitian, N., & Pengabdian, D. (2021). Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19.

Setiani, N., Roza, Y., & Studi Magister Pendidikan Matematika, P. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. 06(02), 2286–2297.

Semester Genap SMP Negeri 3 Kartasura Tahun.

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Unduhan

Abstract Views : 75
Downloads Count: 74

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Fatimah Nur Hidayah, & Dadang Rahman Munandar. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar. Didactical Mathematics, 6(1), 124–130. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9097

Terbitan

Bagian

Articles