Analisis Perbedaan Self-Concept Matematis Siswa SMA Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin

Penulis

  • Nurul Arafah UIN SUSKA RIAU
  • Depriwana Rahmi UIN Suska Riau
  • Annisah Kurniati UIN Suska Riau
  • Suci Yuniati Yuniati UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8988

Abstrak

Penelitian ini merupakan studi kuantitatif deskriptif dan komparatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan tingkat self-concept matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-F SMAN 2 XIII Koto Kampar pada tahun ajaran 2022/2023 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen non-tes berupa angket self-concept matematis yang terdiri atas delapan indikator dengan total 30 pernyataan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif didukung dengan bantuan microsoft excel untuk menghitung persentase setiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkatan self-concept matematis siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 65,25%. Bila berdasarkan jenis kelamin, diperoleh bahwa siswa perempuan memiliki tingkat self-concept matematis dengan persentase sebesar 69% sedangkan siswa laki-laki sebesar 62% . Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan memiliki self-concept yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki, dengan selisih mencapai 7%.

Kata Kunci:

Self-Concept; , Pembelajaran Matematika; , Jenis Kelamin;

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amir, Z. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama, Dan Jender, 12(1), 14–31.

Dahlia Novarianing, A., & Sunarto. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), 1–11. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang

Damarhadi, S., Mujidin, M., & Prabawanti, C. (2020). Gambaran Konsep Diri Pada Siswa SMA Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(3), 251. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.4392

Deriyanto, D., Qorib, F., Komunikasi, J. I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jisip, 7(2), 77. www.publikasi.unitri.ac.id

Handayani, F. W. (2017). Studi Komparasi Self-Concept Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Karate Di Sekolah Dasar Wilayah Kabupaten Sleman. Studi Komparasi Self-Concept Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Karate Di Sekolah Dasar Wilayah Kabupaten Sleman, 3(6), 244–252.

Harefa, P. P. P., & Rozali, Y. A. (2020). Pengaruh dukungan sosial terhadap konsep diri pada remaja korban bulyying. JCA Psikologi, 1(1), 1–8.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skilss Matematik Siswa. PT. Refika Aditama.

Hidayati, N. (2021). Konsep Diri Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

Jarmita, N. (2015). Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Awal Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(2), 1–16. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/176/157

Listanti, F., & Imami, A. I. (2022). Analisis Self-Concept Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2022, 399–407.

Munthe, H. P., Rambe, J. Q., & Fadly, M. (2024). Tantangan dan Trobosan Matematika Sebagai Ilmu Hitung. 8, 1027–1033.

Nashrullah, F. R., & Lusiyana, D. (2019). Perbandingan Self Concept Matematis Siswa Sma Berdasarkan Waktu Belajar. Prosiding Seminar Matematika Dan Sains Departemen Pendidikan Matematika Dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra, September 2019, 319–326. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/download/46/51

Pamungkas, A. S. (2015). Kontribusi Self Concept Matematis Dan Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(2), 55. https://doi.org/10.33541/jdp.v8i2.114

Saguni, F. (2014). Pemberian Stereotype Gender. Jurnal Musawa IAIN Palu, 195–224.

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self-Concept. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Siregar, N. (2017). Psikologi Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 2(1), 70–83. https://osf.io/preprints/inarxiv/352dr/

Yanti. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Dan Konsep Diri Matematik Siswa Smp Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Geogebra Yanti.

Unduhan

Abstract Views : 105
Downloads Count: 61

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Arafah, N., Rahmi , D., Kurniati, A., & Yuniati, S. Y. (2024). Analisis Perbedaan Self-Concept Matematis Siswa SMA Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin. Didactical Mathematics, 6(1), 40–47. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8988

Terbitan

Bagian

Articles