Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Penulis

  • Adiesty Novia Yesiliana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8787

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan tingkat pemahaman siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi barisan dan deret aritmatika dengan mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, ditinjau dari taksonomi bloom yang memiliki level kognitif berbeda pada setiap soalnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif secara deskriptif, karena data yang diteliti bersifat kualitatif, khususnya terkait dengan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan tidak ada pengujian statistik yang dilakukan. Namun menganilisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarakan data yang telah dikumpulkan. Pemahaman yang digunakan dalam konteks penelitian ini lebih mengarah pada interpretasi dan penjelasan secara rinci terhadap kualitatif data tersebut seperti: pengetahuan, pemahaman, dan penerapan. Populasi penelitian ini dilakukan di SMAS Budi Mulia Karawang dengan subjek dalam penelitian berjumlah 29 orang siswa X SMAS Budi Mulia Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024 telah memperoleh pengalaman belajar tentang barisan dan deret aritmatika. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 29 siswa yang menjadi fokus penelitian, sebanyak 22 siswa atau 75,9% dari total responden tidak memenuhi kriteria minimum retensi (KKM) yang telah ditetapkan yaitu dengan nilai dibawah 70. Pencapaian ini mengindikasi bahwa terdapat kekurangan atau kesulitan yang signifikan terhadap materi dasar dan konsep matematika mengenai pemahaman materi barisan dan deret aritmatika di kalangan siswa.

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika, Soal Cerita, Aritmatika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hidayati, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Karawang Barat dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Sidang Kedokteran , 2 (1d).

Khairani, B. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA/MA pada materi barisan dan deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1578-1587.

Khairani, B. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA/MA pada materi barisan dan deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1578-1587.

Maulida, RF, Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah cerita yang berkaitan dengan teorema Pythagoras. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi , 1 (1), 198-203.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252-261.

Permatasari, BI, & Ismiyati, N. (2020). Sikap Siswa Sekolah Dasar terhadap Pelajaran Matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika , 3 (2), 34-40.

Prastyo, H. (2020). Kemampuan matematika siswa indonesia berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik , 3 (2), 111-117.

Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA pada materi turunan fungsi aljabar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17-32.

Sengkey, D. J., Sampoerno, P. D., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67-75.

Simamora, R. E., Lestari, S. A. B., & Siagian, M. V. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Topik Barisan Dan Deret Aritmatika Yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Bulletin of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 21-25.

Simamora, R. E., Lestari, S. A. B., & Siagian, M. V. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Topik Barisan Dan Deret Aritmatika Yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Bulletin of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 21-25.

Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1-8.

Unduhan

Abstract Views : 202
Downloads Count: 188

Diterbitkan

2024-03-25

Cara Mengutip

Yesiliana, A. N., & Roesdiana, L. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Didactical Mathematics, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8787

Terbitan

Bagian

Articles