Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar

Penulis

  • Annisa Ummul Khairi Universitas Negeri Padang
  • Saddam Al Aziz Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.12625

Abstrak

Pemahaman konsep matematis penting dimiliki oleh siswa karena sebelum melanjutkan ke materi yang lebih sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 1 Ampek Angkek. Sampel penelitian adalah kelas VIII di SMP Negeri 1 Ampek Angkek adalah 148 siswa SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah tes uraian pemahaman konsep yang terdiri dari 8 soal setiap soal mewakili setiap indikator pemahaman konsep, wawancara, dan dokumentasi. Data dari hasil penelitian berdasarkan masing-masing kategori pemahaman konsep matematis untuk kategori tinggi memiliki persentase 16%, kategori sedang memiliki persentase 66% , dan kategori rendah memiliki persentase 18%. Maka disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek berada di kategori sedang.

Kata Kunci:

Bentuk Aljabar, Pemahaman Konsep Matematis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Saddam Al Aziz, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Matematika

Referensi

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.

Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Bentuk Pangkat dan Akar di Kelas XI SMA Negeri 1 Ulusua Tahun Pembelajaran 2021/2022. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Handayani, Y., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan PendidikanMatematika Sesiomadika 2019, 575–581.

Kemendikbud. (2024). Keputusan Kepada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Me. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Khairani, B. P., Maimunnah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA / MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.

Lase, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 462–468. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1694

Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144. https://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6818

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 35 TAHUN 2018. Jakarta, 1–12.

Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Bentuk Aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 639–648. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp di bandung barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1).

Rahmi, Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika dengan Menerapkan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA N 5. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–34. https://core.ac.uk/download/pdf/322516050.pdf

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2286–2297.

Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1227

Unduhan

Abstract Views : 87
Downloads Count: 129

Diterbitkan

2025-01-20

Cara Mengutip

Khairi, A. U., & Al Aziz, S. (2025). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Didactical Mathematics, 7(1), 95–104. https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.12625

Terbitan

Bagian

Articles