Systematic Literature Review: Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.12498Abstrak
Hasil belajar merupakan aspek yang penting dalam pendidikan, yang nantinya dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan siswa dalam memahami dan menguasai materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Proses dalam penelitian ini meliputi beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, analisis dan pembahasan, serta penarikan kesimpulan pada tahap akhir. Pada penelitian ini, pengumpulan datanya dengan meriview sebanyak 21 artikel berdasarkan topik utama yaitu hasil belajar, gaya belajar, dan kreativitas siswa yang dipublikasikan antara tahun 2016-2024. Artikel tersebut dikumpulkan dari database Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan penelitian-penelitian yang menyatakan bahwa siswa yang belajar dengan metode yang sesuai dengan gaya belajarnya menunjukkan peningkatan pada hasil belajarnya.
Kata Kunci:
Gaya Belajar, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar MatematikaUnduhan
Referensi
Adelia Salsabila, Christian Wiradendi Wolor, & Marsofiyati Marsofiyati. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Dan Cara Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 21–34. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2300
Amelia, R., Aripin, U., Hidayani, N., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6).
Budiarti, I., & Jabar, A. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3).
Buyung, Wahyuni, R., & Mariyam. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD 14 Semperiuk A. Jeer : Journal Of Education Review And Research, 5, 46–51. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
Cindy Tuy, E., Hendrikus Kaluge, A., Lakapu, M., Djawa Djong, K., Ovaritus Jagom, Y., & Veronika Uskono, I. (2023a). Pengaruh Kreativitas Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa The Effect Of Creativity And Learning Style On Mathematics Learning Achievement Of Class VIII Students. In Jurnal Kependidikan Matematika (Vol. 179, Issue 2).
Daut Siagian, M. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2).
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori Dan Kinestetik Dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. In IIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia Nomor (Vol. 1).
Meilani, E., & Warti, E. (2020). Hubungan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Vektor di Kelas XI SMA IT Al-’Arabi Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.
Murtiyasa, B., & Hayuningtyas, W. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Kooperatif Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765
Nurohmah, N., Suchyadi, Y., Mulyawati, Y., Sd, ), & Sukaharja, N. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Negeri Sukaharja 01 Kabupaten Bogor. In JOURNAL OF SOCIAL STUDIES, ARTS AND HUMANITIES (JSSAH) (Vol. 02). https://journal.unpak.ac.id/index.php/proceedings
Nursaniah, S. Y., Bisri, H., & Adri, H. T. (2024). Hubungan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV SD Negeri Cilember 01. Jurnal Sosial Humaniora, 2(5).
Padliah, M., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kreativitas Dan Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 143. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1003
Pratiwi, G. D., Supandi, & Harun, L. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Kategori Tinggi. Imajiner Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 78–87.
Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 4(2), 110–122.
Rahmawati, L., & Gumiandari, D. S. (2021). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Kelas 3f Iain Syekh Nurjati Cirebon (Vol. 16, Issue 1).
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4880
Santi Wulandari, D., & Rusmana, I. M. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Agustus, 1(2). https://doi.org/10.46306/lb.v1i2
Saputra, W. (2020). Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(2), 13–16.
Shoit, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open Ended Problem dengan Performance Assessment. 4, 37–48. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Ulil Syahara, M., Puji Astutik, E., Matematika, P., PGRI Adi Buana Surabaya Jalan Dukuh Menanggal XII, U., Gayungan, K., Sby, K., & Timur, J. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Wahyuni, S. E., Tendri, M., & Kusumawati, N. I. (2021). Hubungan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. 3(2), 208–216. https://forms.gle/ymLm5CHh2tQUN7oX8
Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2.
Wulandari, D. A., Septi, D., & Afifah, N. (2019). Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–70.
Yanty, E., & Nasution, P. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. ©Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1).
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.