Penerapan Didactical Design Research (DDR) Pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.12464Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian Didactical Design Research (DDR) dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah sebanyak 33 (tiga puluh tiga) orang siswa kelas VIII A SMP Negeri III. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kesulitan belajar dan lintasan belajar siswa dalam proses belajar matematika pada materi teorema Pythagoras; 2) mengetahui desain didaktis yang dikembangkan guna mengatasi kesulitan belajar dalam proses belajar matematika pada materi teorema Pythagoras; 3) mengetahui respon siswa saat implementasi desain didaktis dalam proses belajar matematika pada materi teorema Pythagoras; dan 4) mengetahui gambaran desain didaktis empirik yang dihasilkan dari penerapan desain didaktis pada konsep teorema Pythagoras. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) teridentifikasi tiga kategori learning obstacle yang dialami siswa yakni: hambatan ontogenik (ontogenical obstacle), hambatan epistemologis (epistemological obstacle), dan hambatan didaktis (didactical obstacle); 2) desain didaktis dirancang kedalam empat desain didaktis, dengan menerapkan pendekatan teori APOS; 3) learning obstacle dapat diatasi dengan implementasi desain didaktis; 4) desain empirik merupakan gabungan dari keempat desain yang telah melalui tahapan revisi dan berhasil diimplementasikan secara optimal
Kata Kunci:
Didactical Design Research; Learning Obstacle; Learning Trajectory; PythagorasUnduhan
Referensi
Brousseau, G. (2006). Theory of Didactical Situations in Mathematics: Didactique des Mathématiques, 1970–1990 (N. Balacheff (ed.)). Kluwer Academic Publisher. https://books.google.co.id/books?id=1VK1BwAAQBAJ
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Desmayanasari, D., & Hardianti, D. (2021). Desain Didaktis Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 18–31.
Fauzi, I., & Suryadi, D. (2020). Didactical Design Research Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 58–68.
Haqq, A. A., & Toheri, T. (2019). Reduksi Hambatan Belajar Melalui Desain Didaktis Konsep Transformasi Geometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 117–127.
Herman, T., Prabawanto, S., & Suryadi, D. (2022). Implementasi Proleco-DDR untuk Mengembangkan Kemampuan Profesional Guru SD dalam Pembelajaran Matematika di Kabupaten Ciamis. Prisma, 11(2), 576–584. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2585
Jerson, J., & Nurlaelah, E. (2016). Pengembangan Desain Didaktis Materi Pecahan pada Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). 11(2), 127–136.
Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8.
Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 Dan Pemulihan Pembelajaran Di Indonesia.
Lestari, L. A. (2021). Bahan Ajar Didaktis Pada Pokok Bahasan Statistika Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs-Sederajat. STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Nurhidayat, Rosita, C. D., & Maharani, A. (2019). Desain Bahan Ajar Teorema Pythagoras Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Prosiding Seminar Matematika Dan Sains, 21–27.
OECD. (2023). PISA 2022 Result: Factsheets Indonesia. https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/indonesia-c2e1ae0e/
Rahajeng, R. (2011). Kesulitan Belajar Matematika. Krida Rakyat, 2(2).
Sudiono, E., Matematika, P., Sarjanawiyata, U., & Yogyakarta, T. (2017). Eri Sudiono. 5(3), 295–302.
Sulistiawati, Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 6(2), 135–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833
Suryadi, D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian dari Sudut Pandang Teori Belajar dan Teori Didaktik. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Suryadi, D. (2013). Didactical Design research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 3–12.
Ubah, I. J. A., & Bansilal, S. (2018). Pre-service Primary Mathematics Teachers ’ Understanding of Fractions : An Action – Process – Object – Schema Perspective. South African Journal of Childhood Education, 8(2), a539. https://doi.org/https://doi.org/10.4102/ sajce.v8i2.539
Yuliani, R. E. (2017). Desain Situasi Didaktis Untuk Mengantisipasi Kecemasan Matematika Siswa Pada Pembelajaran Konsep Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 105–120.
Yuniar, M., Rakhmat, C. R., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187–195.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.