Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Timbangan Bilangan SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi

Penulis

  • Dariyanto
  • Awiria
  • Suharjudin

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1197

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan media timbangan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SDN Teluk Pucung I Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas SDN Teluk Pucung I Bekasi tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas model Kemmis and Taggard yang terdiri dari dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes formatif, observasi guru, dan catatan lapangan. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan prestasi belajar matematika menggunakan media timbangan. Pada siklus pertama menghasilkan nilai dengan prosentase 54 % dan pada siklus kedua menghasilkan nilai dengan prosentase 70%. Pembelajaran dengan menggunakan media timbangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah prestasi belajar siswa semakin baik. Berdasarkan hal tersebut disarankan agar media timbangan ini digunakan sebagai salah satu media yang menjadi bahan pertimbangan guru untuk digunakan  dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci:

Media timbangan, Prestasi belajar MTK, Matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alignment, C., Taxonomy, B., Descriptions, S. T., Figure, S. T., Nomenclature, S. T., Taxonomy, S., … Education, T. (2014). Supplementary Guidelines ( Learning Outcomes and Assessment )
Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta : Rineka Cipta
Dahar. Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung : Erlangga
Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan dasar Mengajar. Bandung : Alfabeta
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Indriani, A. (n.d.). No Title, 134–140.
Kustandi, Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia
Krathwohl David R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212–218. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104
Riadi, Edi. 2014. Metode Statistika Parametrik dan Nonparametrik. Tangerang : PT Pustaka Mandiri
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2007. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Insan Cendikia
Sumarmo, Utari ( 2013). Berpikir dan diposisi matematik serta pembelajarannya: Universitas Pendidikan Indonesia
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana
Putra, Sitiatava Rizema (2012). Berbagai Alat Bantu Untuk Memudahkan Belajar Matematika. Yogyakarta: Diva Press
Yudhawati, Haryanto (2011). Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka

Unduhan

Abstract Views : 290
Downloads Count: 114

Diterbitkan

2021-04-02

Cara Mengutip

Dariyanto, Awiria, & Suharjudin. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Timbangan Bilangan SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi. Didactical Mathematics, 3(1), 57–63. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1197

Terbitan

Bagian

Articles