Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi

Penulis

  • Mohammad Azka Idris Ibrahim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.11584

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah keterampilan kognitif yang penting bagi siswa untuk menghadapi tantangan akademis dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di MTs Miftahul Huda. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling, yang melibatkan 23 siswa yang dikelompokkan berdasarkan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah serta wawancara mendalam yang kemudian diolah mengggunakan teknik anaisis yang mengacu pada model analisis data Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 46,78, yang masuk dalam kategori cukup baik. Sebanyak 26,08% siswa berada dalam kategori rendah, 58,70% dalam kategori sedang, dan 15,22% dalam kategori tinggi. Siswa dengan kemampuan rendah cenderung mengalami kesulitan dalam memahami masalah dan menerapkan langkah-langkah penyelesaian. Siswa dengan kemampuan sedang umumnya mampu memahami masalah tetapi melakukan kesalahan dalam proses perhitungan. Siswa dalam kategori tinggi mampu menyelesaikan masalah dengan baik, namun kurang terbiasa untuk memeriksa kembali hasil pekerjaan mereka.

Kata Kunci:

Mathematical Problem Solving, Relations and Functions, descriptive analysis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arista, G. A., Wibawa, K. A., & Payadnya, I. P. A. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Perbandingan dan Skala Berdasarkan Empat Langkah Polya di Kelas VII SMP TP 45 Denpasar. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 214-221).

Christina, E. N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah tahapan polya dalam menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 405-424.

Erfani, G. A., Rokhman, M. S., & Sholikhakh, R. A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial menurut Polya. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 306-314.

Fatkhurrohman, L., Parta, I. N., & Irawati, S. (2021). Kemampuan memeriksa kembali (looking back) siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 940.

Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan prosedur polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 257.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.

Hartiningrum, E. S. N., Utomo, E. S., & Listyanti, N. M. (2020). Analisis faktor penyebab kesalahan siswa dengan kepribadian introvert dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tahapan Polya. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 83-94.

Imayanti, I., Syarifuddin, S., & Mikrayanti, M. (2021). Analisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah relasi dan fungsi pada siswa SMP. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 1-8.

Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Siregar, N. P. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1), 40-48.

Kartika, M., & Hiltrimartin, C. (2019). Penerapan model eliciting activities (MEAs) dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Jurnal Gantang, 4(2), 161-168.

Kurniasari, D., & Sritresna, T. (2022). Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu,1(1), 47-56.

La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mtsn dengan menggunakan metode open ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,10(2), 291-300.

Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, mix method (mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Nugraha, M. R., Basuki. (2021). Kesulitan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp di desa mulyasari pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235-248.

Rasitullah, S. A., Utariani, A., Sumartono, C., Semedi, B. P., & Susilo, I. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Tinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Syntax Transformation, 2(02), 222-233.

Rizal, I. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi. [Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung]. http://repository.unissula.ac.id/23235/

Sugiono, E., Darmadi, D., & Efendi, S. (2021). Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Pada Pusdatin Kementan RI. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 132-149.

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12.

Taufiq, D. A., & Basuki. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 303-314.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23-33.

Ulfa, Y. L., & Roza, Y. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi jarak pada bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424.

Wahid, L. A., & Marlina, R. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), 138-147.

Unduhan

Abstract Views : 176
Downloads Count: 135

Diterbitkan

2024-11-23

Cara Mengutip

Idris Ibrahim, M. A., & Imami, A. I. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi. Didactical Mathematics, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.11584

Terbitan

Bagian

Articles