Pengembangan LKPD Berbasis Kooperatif Peer Tutoring untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa

Penulis

  • Sulistiawati Sulistiawati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Evan Farhan Wahyu Puadi STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10740

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis kooperatif peer tutoring untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalution). Penelitian ini dilakukan di MTsN 12 Kuningan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A di MTsN 12 Kuningan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa intrumen validasi ahli media, instrumen validasi ahli materi, instrumen tes dan angket respon peserta didik. Produk yang dikembangkan telah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli media yaitu 76,6% dengan kriteria sangat valid, ahli materi sebesar 92,6% dengan kriteria sangat valid dan  rata-rata skor N-Gain yang diperoleh siswa yaitu 0,59 atau 59% yang berarti terdapat peningkatan kemampuan numerasi setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LKPD berbasis kooperatif peer tutoring. Berdasarkan kriteria yang diperoleh maka produk LKPD berbasis kooperatif peer tutoring untuk meningkatkan kemampuan numerasi yang dikembangkan sangat valid dan dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Kata Kunci:

Kooperatif Peer Tutoring, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kemampuan Numerasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andayani, Nurlita. 2023. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Newman’s Error Analysis Di Kelas V Sekolah Dasar.”

Anggraeni, Ayu Anggita Anggita, And P. Veryliana. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika.” International Journal Of Elementary Education 3(2):218–25.

Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek.” Jakarta: Rineka Cipta.

Asmayanti, Astri, Isah Cahyani, And Nuny Sulistiany Idris. 2020. “Model Addie Untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman.” Seminar Internasional Riska Bahasa Xiv 259–67.

Azizah. 2023. “Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Educatio Fkip Unma 9(2):458–64. Doi: 10.31949/Educatio.V9i2.4798.

Baharuddin, Muhammad Rusli, Sukmawati Sukmawati, And Christy Christy. 2021. “Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):90–101.

Bierera, Ellya. 2021. “Pengembangan Lk Pd Berbas Is Pbl Untuk Melatihkan The Development Of Students ’ Worksheet Based On Pbl To Train Analytical.” 10(2).

Hommy, Yakop D., Carolina S. Ayal, And Darma Andreas Ngilawajan. 2021. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dan Model Pembelajaran Konvensional.” Sora Journal Of Mathematics Education 2(2):42–49.

Limatahu, Nur Asbirayani, Indra Cipta, And Fadlan Muin. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di Sma Negeri 1 Pulau Morotai.” Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (Jpku) 3(1):1–9.

Merlin, Nur Asbirayani Limatahu, Indra Cipta, And Fadlan Muin. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di Sma Negeri 1 Pulau Morotai.” Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (Jpku) 3(1):1–9. Doi: 10.33387/Jpku.V3i1.6403.

Muawanah, Siti, Nizaruddin Nizaruddin, And Aurora Nur Aini. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dan Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah.” Pp. 370–78 In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol. 4.

Pascasarjana, Program, Ilmu Kesehatan, And Universitas Sebelas Maret. 2015. “Perpustakaan.Uns.Ac.Id Digilib.Uns.Ac.Id.” 7–30.

Riza. 2021. “Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multikultural Pada Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Kelas V Sekolah Dasar.” 4:21–32.

Sardin, Sardin, And Sukrillah Sukrillah. 2022. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Buton.” Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes) 4(2):141–52. Doi: 10.31605/Ijes.V4i2.1517.

Sari, Riska Novita, Isnaniah, Rusdi, And Ulva Rahmi. 2023. “Pengembangan Lkpd Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Konteks Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas X Smk N 1 Palembayan.” Journal On Education 5(4):15490–502.

Trimunarsih, Titin. 2018. “Berbasis Kooperatif Tutor Sebaya.”

Unduhan

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Sulistiawati, S., & Puadi, E. F. W. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Kooperatif Peer Tutoring untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. Didactical Mathematics, 6(2), 249–259. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10740