Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Media Video Animasi

Penulis

  • Rahmawati Rizqiyani STKIP NU INDRAMAYU
  • Nurbaetullah Karnita STKIP NU Indramayu
  • Wardatun Laela STKIP NU Indramayu
  • Kurnia Wati STKIP NU Indramayu
  • Rasilah Rasilah STKIP NU Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10552

Abstrak

Dalam pembelajaran matematika, sering kali siswa merasa bosan karena media yang digunakan monoton. Artikel ini membahas penggunaan video animasi dalam pembelajaran bangun ruang. Dengan video animasi, siswa menjadi lebih mudah memahami materi dan pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan mempermudah pembelajaran bangun ruang dengan video animasi sebagai media pembelajaran. Metode penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika, termasuk materi bangun ruang. Video animasi dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Peran guru dan siswa sangat penting, terutama dalam menciptakan suasana kelas yang menarik. Penggunaan media ini mempermudah guru dalam mengajar dan membantu menciptakan suasana yang interaktif dan menyenangkan

Kata Kunci:

Matamatika; , Bangun ruang; , Video Animasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arisandhi, G. A. M. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2023). Flipbook: Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kognitif IPA Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 165-174. Doi: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55034

Ailulia, R., Saidah, P. N., & Sutriani, W. (2022). Analisis penerapan media video pembelajaran menggunakan aplikasi plotagon terhadap pemahaman konsep bangun datar kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47-56. Doi: https://doi.org/10.56916/jp.v1i2.57

Dimyati, D., Fatah, A., & Sudiana, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Berbantuan Platform Doratoon. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(3), 193-203. Doi : http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20650

Febriany, T. A., & Kurniawan, H. Y. (2019). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus pada Mata Kuliah Hukum Acara Perdata). Res Judicata, 2(1), 243-258.

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan video animasi “bang dasi” berbasis aplikasi camtasia pada materi bangun datar kelas V sekolah dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182-191.

Ikasari, Y. P., & Satriyani, F. Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi tata surya di kelas VI Sekolah Dasar Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 5(2), 195-205.

Inayah, N. R., Sukmawati, R. A., & Amalia, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Platform Powtoon pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Computing and Education Technology Journal, 1, 1-10.

Lawson, G. W., Lawson, A. W., & Rivers, P. C. (1996). Essentials of chemical dependency counseling. Aspen Publishers.

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903.

Mutia, W. S., & Mulyawati, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Melalui Animasi Power Point Terhadap Siswa Kelas V Sdn Parung Panjang 06. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 351-360. Doi: .https:/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1514

Ningtiyas, Y. T. A., & Anistyasari, Y. (2020). Studi literatur: Pengaruh penggunaan video sebagai media pembelajaran di perguruan tinggi. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 417-424.

Prastowo, A. (2011). Panduan Membuat Bahan Ajar Inovatif (Yogyakarta).

Putri, S. W., Taufik, L., & Qurniati, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Wanasaba. SPIN Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 4(1), 58-66.

Doi: : https://doi.org/10.20414/spin.v4i1.5092

Unduhan

Abstract Views : 14
Downloads Count: 7

Diterbitkan

2024-07-29

Cara Mengutip

Rizqiyani, R., Karnita, N., Laela, W., Wati, K., & Rasilah, R. (2024). Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Media Video Animasi. Didactical Mathematics, 6(2), 222–229. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10552