Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Penulis

  • Melisa Kusumawardani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10548

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis matematis penting dimiliki siswa guna menyelesaikan persoalan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi SPLDV. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan subyeknya adalah kelas 9 di Kota Karawang dengan jumlah 20 siswa SMP Pupuk Kujang di Bulan November. Instrument yang digunakan adalah tes uraian yang diadopsi dari skripsi. Pengambilan sampel menggunkana purposive sampling dengan mengkategorikan siswa berdasarkan hasil pengerjaannya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, subyek dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Siswa berkemampuan tinggi dapat menyelesaikan persoalan dengan cukup baik. Untuk siswa berkemampuan sedang mampu menyelesaikan persoalan namun masih terdapat kesalahan dan untuk siswa berkemampuan rendah masih belum memahami bagaimana cara menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik. 

Kata Kunci:

Analisis; , Kemampuan berpikir kritis; , SPLDV

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, I. H. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 66-75.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, K. S., & Aini, I. N. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Vol 3(1), 45-52.

Fani, A. D., & Effendi, K. S. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kecemasan Belajar pada Siswa SMP pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) Vol, 4(1), 137-148.

Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, S. L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 37-47.

Hasanah, E. N., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV). MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 159-167.

Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandirian Belajar Siswa Smp Terhadap Materi SPLDV. Journal On Education, 515-523.

Karim, N. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model JUCAMA di sekolah menengah pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3(1), 92-104.

Kurniawati , D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 107-114.

Martam, N. U., Abdullah, I. H., & Tonra, W. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 57-66.

Prasetyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Pedagogik, 111-117.

Sarina. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) Untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smk Kelas X. SKRIPSI.

Sartika, N. S., Sujana, A., & Fitriyani, G. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Pola Bilangan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 203-209.

Unduhan

Abstract Views : 1
Downloads Count: 1

Diterbitkan

2024-08-26

Cara Mengutip

Kusumawardani, M., & Warmi, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Didactical Mathematics, 6(2), 230–235. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10548