Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele dalam Materi Teorema Pythagoras

Penulis

  • Eka Ayu Putri Arnita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10485

Abstrak

Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji kemampuan berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele dalam materi Teorema Pythagoras. Kemampuan berpikir geometri merupakan kemampuan yang sangat penting, namun faktanya siswa masih dalam tingkatan level kemampuan berpikir geometri yang rendah. Pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi hermeuneutik digunakan dalam penelitian ini untuk mengkaji kemampuan berpikir geometri siswa. Subjek yang digunakan sebanyak satu kelas VIII di salah satu SMP swasta di Karawang yang kemudian diseleksi kembali dan diambil empat siswa untuk dilakukan wawancara. Instrumen tes dan nontes digunakan dalam penelitian ini, instrumen tes dengan mencakup tingkatan level berpikir geometri Van Hiele yaitu: visualisasi (level 0), analisis (level 1), deduksi informal (level 2), deduksi (level 3), dan rigor (level 4) serta nontes yaitu wawancara tidak terstruktur dianalisis menggunakan metode Interpretative Phenomenologi Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mayoritas siswa hanya mampu mencapai tingkat visualisasi (level 0) dengan baik yaitu 74% dan analisis (level 1) sebesar 55%. Penelitian ini menegaskan bahwa faktor siswa belum dapat mencapai tingkatan deduksi informal (level 2) sampai dengan rigor (level 4) karena ketidaktelitian dan kurangnya pemahaman konsep. Oleh sebab itu perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam dan variasi soal untuk meningkatkan kemampuan berpikir geometri siswa, khususnya dalam konteks penerapan teorema Pythagoras.

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Geometri; , Teori Van Hiele;, Teorema Pythagoras;

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprilita, P., Mirza, A., & Nursangaji, A. (2016). Analisis Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(10).

Amaliyah, A., Uyun, N., Fitri, R. D., & Rahmawati, S. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659-654.

Baeti, N., & Murtalib, M. (2018). Analisis keterampilan geometri siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan tingkat berpikir van hiele di MTs Muhammadiyah 1 Malang. SUPERMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 39-50.

Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267–279. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.2898

Cintang, N., & Nurkhasanah, A. M. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Melalui Pendekatan Konstruktivisme Berbasis Teori Van Hiele. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(01), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1144

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian journal of educational research and review, 2(2), 210-218.

Khumayroh, A. A., Yudianto, E., Susanto, S., & Pambudi, D. S. (2020). Karakteristik berpikir geometri siswa pada tingkat visulisasi, analisis, dan deduksi informal berdasarkan teori van hiele. KadikmA, 10(3), 15-27.

Kurniawati, M., Junaedi, I., & Mariani, S. (2015). Analisis karakteristik berpikir geometri dan kemandirian belajar dalam pembelajaran fase van Hiele berbantuan geometers sketchpad. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2).

Lestari, A. O., Susanti, E., & Hartono, Y. (2022). Pengembangan Digital Worksheet Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2915-2928.

Nurhakim, L., Bistari, B., & Yani, A. (2022). Pemahaman Konsep Geometri Garis Lurus Pada Mahasiswa Baru Penerima Beasiswa Kip Kuliah. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 8(2), 193-203.

Nurmanisah, N., Rahmatina, D., & Siregar, N. A. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Mts Negeri Tanjungpinang (Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji).

Nurmayunita, N., Soeprianto, H., Junaidi, J., & Patmi, S. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Teorema Pythagoras. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 75-81.

Nurhidayah, V. . (2017). Perkembangan Kemampuan Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Segiempat Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Perkembangan Kemampuan Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Segiempat Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning, 39–42.

Petrus, Z., Karmila., & Riady, A. (2017). Deskripsi kemampuan geometri siswa SMP berdasarkan teori van hiele. Journal of Mathematics Education, 2(1), 145–160. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/668/575%0A%0A

Rahayu, F. D., Mawarsari, V. D., & Suprapto, R. (2023). Karakteristik Kemampuan Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele Pasca Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 400-413. (Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji).

Razak, F., Sutrisno, A. B., Immawan, Z., & Muchsin, S. B. (2018). Analysis Students’ Thinking Level with Cognitive Style “field Independent” Based on Van Hiele Theory. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012161

Samsudin, S., Husna, N., & Buyung, B. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 7(2).

Shiddiq, N. F., & Herman, T. (2023). Concept Image Siswa Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1404–1415. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2238

Siregar, N. F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Journal of Math Tadris, 3(2), 15–31. https://doi.org/10.55099/jmt.v3i2.89

Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative Phenomenological Analysis: Theory, Method, and Research. SAGE.

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80.

Vawanda, E. J., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 124-130.

Widiawati, W., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Desain Didaktis Konsep Volume Balok dan Kubus untuk Mengembangkan Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 1-13.

Zainal, Z. (2018). Meningkatkan Peringkat Berfikir Geometri Siswa SMP di Parepare Berdasarkan Teori Van Hiele. Saintifik, 4(1), 54-62.

Unduhan

Abstract Views : 7
Downloads Count: 11

Diterbitkan

2024-07-27

Cara Mengutip

Arnita, E. A. P., Zulkarnaen, R., & Imami, A. I. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele dalam Materi Teorema Pythagoras . Didactical Mathematics, 6(2), 185–197. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10485