Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Ditinjau dari Level Kognitif Pada Aspek Memahami, Menerapkan dan Menalar

Penulis

  • Novia Ramadayu UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Rafiq Zulkarnaen Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rika Mulyati Mustikasari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10481

Abstrak

Penelitian ini dibertujuan untuk mengkaji kemampuan numerasi siswa SMP berdasarkan level kognitif memahami, menerapkan dan menalar. Kemampuan numerasi merupakan kemampuan yang sangat penting, namun faktanya siswa masih dalam kemampuan numerasi yang rendah. Pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi hermeuneutik digunakan dalam penelitian ini. Subjek merupakan satu kelas VII di salah satu SMP di Karawang yang kemudian diseleksi kembali sebanyak empat siswa untuk dilakukan wawancara. Instrumen tes dan nontes digunakan dalam penelitian ini, instrumen tes dengan mencakup tingkatan level kognitif memahami, menerapkan dan menalar serta nontes yaitu wawancara tidak terstruktur dianalisis menggunakan metode Interpretative Phenomenologi Analysis (IPA). Penelitian ini menunjukkan bahwa 55% siswa mampu mencapai level kognitif pemahaman. Kemudian, hanya sebanyak 9% yang mampu mencapai level kognitif penerapan dan 4% yang mampu mencapai level kognitif penalaran. Siswa dengan kemampuan numerasi tinggi memiliki level kognitif pemahaman, penerapan dan penalaran dengan baik. Siswa dengan kemampuan numerasi sedang memiliki level kognitif pemahaman dan penerapan yang baik. Siswa dengan kemampuan numerasi rendah hanya mampu mencapai level kognitif pemahaman atau penerapan saja. Adapun faktor-faktor penyebab rendahnya kemampuan numerasi berdasarkan level kognitif antara lain: kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep matematika dengan baik serta lemah dalam menggambarkan informasi soal yang bersifat nonrutin.

Kata Kunci:

memahami, menerapkan, menalar, numerasi, simbol matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ainanda, D. A., Hidayat , M. T., & Nafiah, N. (2023). Pengaruh Pembelajaran Numerasi Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SDN Rungkut Menganggal I Surabaya. Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 440-449.

Ahmed, M. (2018). A Study on the Development of Adult Language, Literacy and Numeracy Skills. Australia: School of Science, Edith Cowan University. https://doi.org/10.4108/eai.30-10-2018.159602

Arofa, A. N., & Ismail, I. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum pada Konten Aljabar. MATHEdunesa, 11(3), 779-793. Retrieved Desember 30, 2023

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 2(1), 103-112.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Daar, 3(1), 93-103.

Lestari, N. D. S., Murtafiah, W., Lukita Sari, M., Annisa, F., & Hayuning P. P, M. (2022). Adult Mathematical Literacy Siswa Berdasarkan Aktivitas Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2635-2648. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5880

Lestari, W., Wisudaningsih, E. T., & Mar'atus, S. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 65-73. Retrieved Januari 7, 2024

Mendikbud. (2020). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Retrieved from https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/download_file/594865_2

Muslih, M., Rohman, A., Manaanu, Y. A., & Aziz, A. (2021, Mei). Pengembangan Ilmu Sosial Model Fenomenologi dan Hermeneutika. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 7(1). Retrieved Desember 28, 202

Mullis, I. V., & Martin, M. O. (2017). TIMSS 2019 Assessment Frameworks. Amsterdam: International Association for the Evaluation of Educational Achievement.

Pirmanto, Yana. Dkk. 2020. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. JMPI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). Vol.3(4), hlm. 371-384.

Rachmawati, F. K., Lestari, N. D., Oktavianingtyas, E., Trrapsilasiwi, D., & Murtikusuma, R. P. (2024). Profil Literasi Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal AKM Konten Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Kurniawan, I. & Rahadyan, A. 2021. Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Didactial Mathematics. Vol.3(2), hlm.84-91.

Sari, D. R. dkk. 2021. Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 5(2), hlm 153-162.

Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 837-849. Retrieved Januari 7, 2024

Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262-3273. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915

Smith. (2009). Psikologi Kualitatif: Panduan Praktis Metode Riset. Terjemahan dari Qualitative Pshychology A Practical Guide to Research Method. Pustaka Belajar.

Wigati, T. (2020). Analisis Kemapuan Literasi Matematika Siswa SD pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pendekatan PMRI. TESIS: Univesitas Negeri Semarang.

Wirawan, N., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Bentuk Literasi Numerasi AKM pada Konten Bilangan Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendekia, 7(3), 2715-2728. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2623

Viyana, D. (2022, April 14). Permasalahan Kemampuan Numerasi ditinjau dari Kompetensi Mengetahui, Menerapkan dan Menalar. Retrieved Desember 28, 2023

Unduhan

Abstract Views : 10
Downloads Count: 11

Diterbitkan

2024-07-27

Cara Mengutip

Ramadayu, N., Zulkarnaen, R., & Mustikasari, R. M. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Ditinjau dari Level Kognitif Pada Aspek Memahami, Menerapkan dan Menalar. Didactical Mathematics, 6(2), 198–211. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10481