Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender

Penulis

  • Tio Heriyana STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Uba Umbara STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Evan Farhan Wahyu Puadi STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10466

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Kuningan dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes kemampuan komunikasi yang kemudian dari hasil tersebut dipilih 6 subjek penelitian berdasarkan pengelompokan kemampuan yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Kuningan, baik itu siswa laki-laki maupun perempuan memiliki kemampuan komunikasi matematis yang hampir sama baiknya. Hanya saja yang membedakannya adalah siswa laki-laki lebih teliti dan cermat dalam proses pengerjaanya dibandingkan dengan siswa perempuan yang banyak mengalami kekeliruan.

Kata Kunci:

Kemampuan Komunikasi Matematis; , Perbedaan Gender;

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali Rasyid, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran. International Journal of Innovative Research in Computer Science and Technology, 5 N0.1(1), 77–86.

Dewi, I., Saragih, S., & Khairani, D. (2017). Jurnal Didaktik Matematika Izwita Dewi, dkk ISSN. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 2548–8546.

Dewi, S. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 699. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3687

Dzarian, W. O., Salam, M., & Anggo, M. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gender (Analysis of Students’ Mathematical Communication Ability in terms of Gender). Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 6(1), 61–67.

Fauziyah1, A., 2, Z. A. S., & , Mariyanto3, D. E. J. (2023). INSTRUMEN TES DAN NON TES PADA PENELITIAN. Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.

Hariati, M. E., Sinaga, B., & Mukhtar, M. (2022). Analisis Kesulitan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 702–709. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1228

Irwin. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Perspektif Gender Kelas VII SMPS Amaliyah Bajo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1036

Jusniani, N., & Nurmasidah, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 12–19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1404

Pambudi, D. S., Aini, R. Q., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika Nalaria berdasarkan Jenis Kelamin. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 136. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4206

Pertiwi, R. D., & Siswono, T. Y. E. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 26. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n1.p26-36

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.896

Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswapada Materi Spldv. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 118–125.

Taqwa, M., & Sutrisno, A. B. (2019). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Jurnal Gantang, 4(2), 169–176. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1336

Unduhan

Abstract Views : 29
Downloads Count: 8

Diterbitkan

2024-07-24

Cara Mengutip

Heriyana, T., Umbara, U., & Puadi, E. F. W. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender. Didactical Mathematics, 6(2), 171–184. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10466