Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Matematika SMP di Kota Waingapu

Authors

  • Yuliana Nuhamara Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Mega Retno Wulandari Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Erwin Randjawali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1005

Keywords:

Media Pembelajaran, matematika

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan kegiatan belajar. Namun, pada kenyataannya penggunaan media pembelajaan belum maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian terkait penggunaan media pembelajaran agar dapat mengetahui penggunaan media pembelajaran matematika, sikap siswa, frekuensi penggunaan media dan manfaat penggunaan media pembelajaran matematika SMP di Kota Waingapu.berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa: 1) Penggunaan media pembelajaran SMP di Kota Waingapu yaitu 66,14% dengan kategori baik artinya guru-guru menggunakan media pembelajaran matematika; 2) Sikap siswa terhadap media pembelajaran matematika yaitu 76,33% dengan kategori baik artinya siswa setuju bahwa media mempengaruhi semangat belajar siswa; 3) Frekuensi penggunaan  media  pembelajaran SMP di Kota Waingapu yaitu 60,48% dengan kategori cukup artinya guru sudah menggunakan media dalam mengajar namun belum maksimal; dan 4) Manfaat dalam penggunaan media pembelajaran SMP di Kota Waingapu yaitu 84, 59% dengan kategori baik sekali artinya siswa setuju bahwa ada manfaat penggunaan media pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief S. Sadiman, dkk. 1986. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : CV Rajawali.

___. 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Blazar, David and Kraft, Matthew A. 2017.Teacher and Teaching Effects on Students’ Attitudes and Behaviors.Sage Journals. Diakses dari http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3102/0162373716670260. 18/6/2017.

Danim, Sudarwan. 1995.Media Komunikasi Pendidikan, Bumi Aksara. Jakarta.

Fahyuni, Eni Fariyatul dan Nurdiansyah .2016.Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo:Nizamia Learning Center.

Kennedy, Mary. M. 1999. The role of preservice teacher education. Teaching as the Learning profession: Handbook of Teaching and Policy. San Francisco: Jossey Bass. Diakses darihttps://msu.edu/~mkennedy/publications/docs/Teacher%20Ed/RoleofTELDH/Kennedy99%20Role%20of%20TE.pdf. 1/6/2017.

Oemar Hamalik. 1980. Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional.2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.2016. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Rusdi Susilana dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran hakikat pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian. Wacana Prima. Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Nuhamara, Y., Wulandari, M. R., & Randjawali, E. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Matematika SMP di Kota Waingapu. Didactical Mathematics, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1005

Issue

Section

Articles