Analisis Statistik Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa di Sekolah

Authors

  • Widiastuti STEBIS Muhammadiyah Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9072

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi prestasi siswa di sekolah melalui pendekatan statistik. Faktor-faktor yang diteliti meliputi motivasi belajar, kemampuan belajar, lingkungan keluarga, dan kualitas pengajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik regresi linier yang melibatkan sampel siswa dari berbagai sekolahan yang ada di Jawa Tengah. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar, kemampuan belajar, lingkungan keluarga yang mendukung, dan kualitas pengajaran di sekolah memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi siswa. Keterbatasan dalam jumlah sampel, penggunaan metode survei, dan keterbatasan fokus analisis menjadi catatan penting dalam penelitian yang kami lakukan. Implikasi penelitian ini adalah bahwa pendidik dapat menggunakan temuan ini untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu, pengambil kebijakan pendidikan dapat mempertimbangkan upaya untuk meningkatkan dukungan lingkungan keluarga siswa dan meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah. Penelitian selanjutnya dapat memperluas pemahaman tentang faktor-faktor ini dan mencakup variabel-variabel lain yang relevan dalam memahami prestasi siswa dengan lebih komprehensif.

Keywords:

Analisis Statistik, Kemampuan Belajar, Prestasi Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan kelas sebagai determinan terhadap hasil belajar (Classroom management as a determinant of student achievment). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 149-157. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11759

Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R., & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102, 67–86. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2019.08.004

Anderman, E. M. (2020). Achievement motivation theory: Balancing precision and utility. Contemporary Educational Psychology, 61, 101864. https://doi.org/10.1016/J.CEDPSYCH.2020.101864

Arisandi, Y. (2017). Peran Pendidikan dalam Membentuk Masyarakat yang Beradab. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 229–248. https://doi.org/10.38073/jpi.v7i2.54

Armella, R., & Rifdah, K. M. N. (2022). Kesulitan Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 14–27. https://doi.org/10.21093/SIJOPE.V2I1.5130

Baniyah, B., Jannah, S. R., & Utama, F. (2023). The Effect Aspiration on Students’ Learning Achievement at SMP N 3 Menggala. Bulletin of Science Education, 3(1), 34–45. https://doi.org/10.51278/BSE.V3I1.368

Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Deswalantri, D., Isnani, T., Hasanah, U., Prayitno, H., & Sintesa, N. (2024). Pengaruh Status Sosial Ekonomi terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online).

Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., … Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.

Harahap, A. F., Sinaga, A. R., Saputri, A., Lestari, A., Esperanza, C., Yudhistira, P., ... & Putri, Z. A. (2022). Sosialisasi tentang Pengentasan Stunting dan Sanitasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5087-5093. https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.1936

Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas IX IPS di Man Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 103-114. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p103-114

John W. Creswell. (2017). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, penerjemah: Achmad Fawaid. yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamaruddin, I., Waroka, L. A., Palyanti, M., Indriyani, L. T., Priakusuma, A., & Utama, F. (2023). The Influence of Parenting Patterns on Learning Motivation of High School Students. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 171–179. https://doi.org/10.51278/AJ.V5I2.678

Kartikawati, E., Roni, M., & Purwanti, S. N. (2022). Parenting Education for Early Childhood Social-Emotional Development. Journal of Childhood Development, 2(1), 64–70. https://doi.org/10.25217/JCD.V2I1.3350

Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP), minat mengajar, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa pendidikan ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946-3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353

Kristianto, H., Susetyo, A., Utama, F., Fitriono, E. N., & Jannah, S. R. (2023). Education Unit Strategies in Increasing Students’ Interest in Participating in Religious Extracurricular Activities at School. Bulletin of Pedagogical Research, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.51278/BPR.V3I1.611

Leobisa, J., & Namah, M. G. (2022). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3301–3309. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2582

Mega Farihatun, S. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/EEAJ.V8I2.31499

Mona, S., & Yunita, P. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(2). https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2410

Mustopa, M. Z. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran Window Shopping (Kunjungan Galeri) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII.8 SMPN I Praya Tahun Pelajaran 2019 - 2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 146–154. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1075

Noviyanti, D. V., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Bimbingan Belajar, Regulasi Emosi, Dan Metode Pemberian Tugas Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Di Sma Khairunnas Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3717-3729. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26713

Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). Strategi Kolaborasi Orangtua Dengan Konselor Dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 128–136. Retrieved from http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1605

Rizki, N. J. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Berpikir Kritis Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar PAI Di SDIT Adzkia 1 Sukabumi. 1(4), 166–180.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.

Sari, L. (2020). Upaya menaikkan kualitas pendidikan dengan pemanfaatan youtube sebagai media ajar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074–1084. Retrieved from https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/226

Sarstedt, M. (2019). Revisiting Hair Et al.’s Multivariate Data Analysis: 40 Years Later. The Great Facilitator, 113–119. https://doi.org/10.1007/978-3-030-06031-2_15

Shen, J., Wu, H., Reeves, P., Zheng, Y., Ryan, L., & Anderson, D. (2020). The association between teacher leadership and student achievement: A meta-analysis. Educational Research Review, 31, 100357. https://doi.org/10.1016/J.EDUREV.2020.100357

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Sopandi, D., & Andina Sopandi, N. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia . Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Zulparis, Z., Mubarok, M., & Iskandar, B. A. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 188-194. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33292

Downloads

Abstract Views : 208
Downloads Count: 75

Published

2024-04-03

How to Cite

Widiastuti. (2024). Analisis Statistik Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa di Sekolah. Didactical Mathematics, 6(1), 48–60. https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9072

Issue

Section

Articles