Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Berdasarkan Tingkat Self Confidence
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.5008Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan bagian dari keterampilan matematis yang harus dimiliki siswa karena memiliki peranan penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dipengaruhi banyak faktor diantaranya yaitu self confidence. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK berdasarkan tingkat self confidence. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Sehati Karawang yang terdiri dari 29 siswa. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling masing-masing akan dipilih satu siswa untuk setiap tingkatan self confidence tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket self confidence, tes tertulis, serta wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa (1) siswa dengan self confidence tinggi memiliki rata-rata hasil tes pemecahan masalah matematis 64,58 pada kategori sedang, mampu memenuhi empat indikator pemecahan masalah (2) siswa dengan self confidence sedang memiliki rata-rata hasil tes pemecahan masalah matematis 56,58 pada kategori sedang, mampu memenuhi 3 indikator pemecahan masalah (3) siswa dengan self confidence rendah memiliki rata-rata hasil tes pemecahan masalah matematis 53,13 pada kategori sedang, mampu memenuhi dua indikator pemecahan masalah.
Keywords:
Problem Solving;, Self ConfidenceDownloads
References
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.
Badriyah, D., & Sopiany, H. N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Gaya Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Radian Journal: Research and …, 1, 57–68. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6533
Cicek, V., & Palavan, O. (2017). Impact of drama education on the self-confidence and problem-solving skills of students of primary school education. In Proceedings of the Fourth International Conference on E-Learning and E-Technologies in Education, Tangerang, Indonesia, 25(1), 187–202.
Dewi, S. N., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan Antara Self-Confidence Terhadap Matematika Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189–198.
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.37
Hernaeny Ul’fah, & Prastiwi, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Google Form. Jurnal Educatio, 7(4), 1791–1797. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1596
Hidayah, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas X MA Al Asror Kota Semarang. Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Negeri Islam Walisongo Semarang.
Munengsih, Safitri, P. T., & Sukmawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Masa Pandemik Covid-19. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(4), 312–321.
Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.
Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2012), 3169–3174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335
Saragih, S., Napitupulu, E. E., & Fauzi, A. (2017). Developing Learning Model Based on Local Culture and Instrument for Mathematical Higher Order Thinking Ability. International Education Studies, 10(6), 114. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p114
Sari, Y. P., Kamid, K., & Rusdi, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Terhadap Pembelajaran Trigonometri Secara Online Berbantuan Android Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 58–68. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.715
Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2), 1–38. https://doi.org/10.1177/00220574161960020
Sholiha, S., & Aulia, L. A.-A. (2020). Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 41–55. https://doi.org/10.35891/jip.v7i1.1954
Sudijono, Anas. (2010). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
Susanti, G., & Chairuddin. 2021. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari self confidence. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 10(4). 2626-2635. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4403
Tripathy, M., & Srivastava, S. (2013). To Study the Effect of Academic Achievement on the Level of Self Confidence. Journal of Psychosocial Research, 8(1), 41. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28397.90080
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Zulkarnain, I., & Nurbiati, I. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mathematical Logical Intelligence, Problem Solving Ability. 0812(80), 565–572.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.