Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Model Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4740Abstract
Literasi adalah kemampuan yang penting untuk dikuasai setiap individu. Sedangkan kemampuan literasi matematis adalah kemampuan untuk memahami peranan serta kegunaan untuk diterapkan sebagai penyelesaian masalah matematika ataupun aspek dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangatlah berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji model pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode studi literatur. Data penelitian yang digunakan berdasarkan artikel, jurnal, atau skripsi yang terbit dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Hasil dari penelitian ini adalah, dapat dikatakan bahwa kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia saat ini masih sangatlah rendah. Maka dari itu, kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia perlu untuk ditingkatkan. Kemampuan literasi matematis dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang seringkali digunakan saat ini yaitu konvensional ataupun ceramah masih dirasa kurang untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Sehingga berdasarkan penelitian ini, ditemukan model pembelajaran yang dirasa tepat dan pernah diuji untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa yang terdiri dari adalah (1) model pembelajaran discovery learning, (2) model learning Cycle, (3) model pembelajaran blended learning, (4) model pembelajaran problem based instruction (5) model pembelajaran problem centered learning, dan (6) model pembelajaran group investigation.
Downloads
References
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.
Aritonang, I., & Safitri, I. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 735–743. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.555
Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 5–24.
Azmi, A. L. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Melalui Model Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education Bermedia. Universitas Negeri Semarang.
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535
Fazriah, R. S., Toto, T., & Nuraida, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smk Melalui Model Group Investigation Dengan Strategi Scaffolding. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 125. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6211
Istiyani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Keaktivan Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intanlampung.
Kalsum, U. (2021). Analisis Kemampuan Literasi MAtematis Siswa dalam Persfektif Gender Siswa Kelas VII di MTs Negeri 3 Luwu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Kemendikbud.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Khotimah, N., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.457
Kuswidi, I. (2015). Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa. 6(2), 195–202.
Munfarikhatin, A., Luden Pagiling, S., & Natsir, I. (2022). Fenomena Literasi Matematika Siswa Di Indonesia Berdasarkan Hasil Pisa. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 2(1), 49–58.
Pernandes, O., & Asmara, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 140–147. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Rahma Amadea Septiani, & Abadi, A. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika. Didactical Mathematics, 4(2), 355–361. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2156
Samin, S. (2020). Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran dan efikasi diri. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 21–32.
Siregar, M. L., Novitasi, W., & Agustina, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (Pcl) Di Sma Negeri 1 Angkola Barat. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 4(1), 73. https://doi.org/10.31604/eksakta.v4i1.73-76
Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37679
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.