Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4292Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung variabel Self Efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika SMA. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah kausal komparatif atau sering disebut expost de facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket self efficacy, dan tes kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 142 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 59 peserta didik dari populasi terdiri dari 24 peserta didik laki – laki dan 35 peserta didik perempuan yang berusia 16-17 tahun. Berdasarkan hasil uji statistic menggunakan uji analisis jalur, hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh langsung self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika sebesar .
Keywords:
Self Efficacy, Kemampuan Berpikir KreatifDownloads
References
Agus Susanta, E. S. R. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Pembelajaranstatistika Dasar Melalui Problem Based-Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 4(2), 179. https://doi.org/10.31949/th.v4i2.1683
Husna, R., Budiman, & Bainuddin Yani S. (2018). Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 43–48.
Mukhtari, Z., Yuliani, A., & Hendriana, H. (2019). Analisis Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 337–346. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3096
Suciawati, V. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Didactical Mathematics, 2(1), 17. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1963
Suharsono, Y., & Istiqomah. (2014). Validitas Dan Reliabilitas Skala Self-Efficacy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 144–151. http://202.52.52.22/index.php/jipt/article/download/1776/1864
Susanto, E., & Susanta, A. (2020). PEMBELAJARAN STATISTIKA DASAR MELALUI PROBLEM BASED-LEARNING INCREASE STUDENTS’ CONFIDENCE IN LEARNING BASIC STATISTICS WITH PROBLEM BASED-LEARNING mahasiswa Program Studi Pendidikan. Jurnal The Original of Mathematics, 4(2), 179–184. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th
Yuniar, E. D., & Ramlah. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Teluk Jambe Barat. Jurnal Maju, 8(1), 420–424. https://ejornal.stkipbbm.ac.id
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.