Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Statistika

Authors

  • Dodo Juanda

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2410

Keywords:

Student failitator and explaning, Pemahaman siswa Materi statistika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai prestasi belajar siswa, oleh karena itu peneliti berupaya menyusun stategi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining”, baik di siklus 1 maupun di siklus 2, agar dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi STATISTIKA. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak 1 pertemuan atau 1x4x45 menit, Subjek penelitian adalah kelas XII MIPA 4 sebanyak 35 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2019-2020, siklus 1 pada hari Kamis, 7 Februari 2019 dan siklus 2 pada hari Kamis, 14 Februari 2019.  Teknik pengumpulan data dari penilaian nilai proses pembelajaran  dengan lembar observasi , tes ulangan dan dokumen kegiatan pembelajaran. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini berkaitan dengan peningkatan Pemahaman siswa pada materi STATISTIKA dari setiap siklusnya, Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” tersebut menunjukan peningkatan secara signifikan. Hal tersebut karena didukung oleh kompetensi yang dimiliki guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. dan Setiawan, A. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta : Skripta Media Creative.
Fitria, L., Mustangin, M., & Nursit, I. (2019). Pemahaman Konsep Matematika dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Menggunakan Model Student Facilitator and Explaining dengan Metode Peer Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 105–111.
Fitrianawati, M., & Sintawati, M. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Pembimbing Olimpiade Matematika Siswa Sekolah Dasar Sekecamatan Tempel. Sniemas Uad 2018, 205–210.
Hader, A. E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika Anak Usia Dini terhadap Keaktifan Mahasiswa Program Studi PGPAUD Universitas Dharmas Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 305–310.
Kustini, W. (2016). Melalui Metode Student Facilitator And Explaining (SFAE) Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Kelas IV-B Semester II Tahun 2014/2015 Di SD Negeri 2 Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(2).
Mulyani, E. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(1), 29–34.
Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyono, D., & others. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 238–250.
Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2019). Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 465–473.
Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Suparwoto. (2004). Kemampuan Dasar Mengajar. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Susilo, H. (2012). Pemanfaatan kemampuan melaksanakan penelitian tindakan kelas/ penelitian tindakan sekolah untuk menunjang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 3(2), 81–102.
Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana
Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018 : Pengembangan Literasi Matematika Untuk. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.
Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(1), 53–60.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Juanda, D. . . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Statistika. Didactical Mathematics, 4(1), 241–252. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2410

Issue

Section

Articles