Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Disposisi Matematis

Authors

  • Ajeng Ayu Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Adirakasiwi

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2135

Keywords:

Analisis, Disposisi Matematis, Komunikasi Matematis

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis memiliki peran penting untuk membantu siswa dalam mengembangkan dan mengeksplorasi imajinasi, ikut berperan aktif dalam kegiatan belajar, dan menyatakan pikiran dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan subjek dengan kriteria tertentu (purposive). Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis, angket disposisi matematis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi mampu memenuhi seluruh indikator. Siswa yang memiliki diposisi matematis sedang lebih mendominasi sehingga sebagian siswa sudah mampu menyatakan suatu peristiwa atau ide kedalam simbol atau bahasa matematika. Sedangkan siswa dengan disposisi matematis rendah tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirakasiwi, A. G. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK Melalui Pembelajaran Software Cabri 3D. JES-MAT, 2(2), 19–28.
Harahap, H. R. (2019). Analisis Disposisi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan (pp. 1–140).
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45.
Herutomo, R. A., & Masrianingsih, M. (2019). Pembelajaran Model Creative Problem-Solving untuk Mendukung Higher-Order Thinking Skills Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 188–199.
Linda, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Koordinat Pada Siswa Kelas VIII MTSN 3 Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2017/2018. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.
Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2018). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Persepsi Pada Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 205–212.
Nari, N. (2015). Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri. Ta’dib, 18(2), 150.
Nasional, D. P. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Nurdika, S. A. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. 1–62.
Nurrizbaeni, N., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik dan Disposisi Matematik Siswa MTS Nurul Hatta Kelas VII Pada Materi Himpunan. Journal On Education, 01(03), 29–36.
Pane, N. S. P. S., Jaya, I., & Lubis, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data di Kelas VII MTS Islamiyah Medan T.P 2017/2018 Oleh: AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 97–109.
Pangesti, A. T., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1769–1781.
Putri, M. S., Hidayat, W., & Maya, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 525.
Rakhmahwati, N. M., Paridjo, P., & Sholikhakh, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Reciprocal Teaching Pada Materi Kubus dan Balok. JIPMat, 4(2), 153–162.
Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 74.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widjajanti, D. B. (2013). The Communication Skills and Mathematical Connections of Prospective Mathematics Teacher:A Case Study on Mathematics Education Students, Yogyakarta State University, Indonesia. Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 63(2), 39–43.
Zaini, A. (2017). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Lestari, A. A., & Adirakasiwi, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Disposisi Matematis. Didactical Mathematics, 4(1), 283–293. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2135

Issue

Section

Articles