Penerapan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Authors

  • Erni Nurjanah
  • Mohamad Raka Reynaldi
  • Siti Apsoh
  • Seni Patimah

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1591

Keywords:

Covid-19, Implementasi, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring di sd negeri cipaku tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa (deskripsi). Adapun langkah analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Usaha untuk membuat lebih terpercaya (Credible) proses dan Interpretasi dan temuan dalam yaitu dengan cara melakukan Triangulasi, yaitu informasi yang diperoleh dari beberapa sumber diperiksa silang antara data wawancara dengan data dokumen. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penerapan pembelajaran daring di sekolah dasar negeri cipaku dalam implementasi pembelajaran daring semua guru menggunakan model pembelajaran daring secara sinkron, yaitu aplikasi whatsapp sebagai media pembelajarannya dan pelaksanaan pembelajaran daring, selain daring dilaksanakan pula luring dan kombinasi. Pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil, tidak semua peserta didik mempunyai fasilitas untuk pelaksanaan pembelajaran daring seperti gawai, ketersediaan paket akses internet, kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran, dan rendahnya motivasi belajar peserta didik adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281-288. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2941
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11(1), 85-99 . https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/529
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/download/89/pdf
Fauziah N. 2014. Tinjauan umum tentang implementasi Pembelajaran. Diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/1565/5/Bab%202.pdf pada tanggal 22 Februari 2020.
Heriyansyah. (2018). Guru adalah Manajer sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 116-127 https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/download/218/201
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/640
Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. Journal Of Primary Education, 1(2), 139-148. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/sittah/article/view/2487
Rahmawati, D. S (2009). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada MahaPeserta didik PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang http://lib.unnes.ac.id/803/
Salim & Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : CitaPustaka Media
Shabir U., M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Jurnal Auladuna, 2(2), 221-232. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/878
Setyaningsih, D. K., Eka, I. K., & Badarudin. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sd Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(2), 19-27. 79 http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/8365
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97. https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/10
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta, cv
Ulfia, N. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Refleksi Para Peserta didik. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 731-734. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1119
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun D. A. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Daring (DARING ) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460
Purwanto, Agus,dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online Di sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling, 2(1), 1-12 . https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Proses Pembelajran Peserta didik Berbsis Online Di Kelas Rendah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 75-79. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/845
Wuladari, M. A., et al. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring ” Pada Guru Sekolah Dasar Di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164-168. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/2002
Yunitasari, R. & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/142

Downloads

Published

2021-10-18

How to Cite

Nurjanah, E., Reynaldi, M. R. ., Apsoh , S. ., & Patimah , S. . (2021). Penerapan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Didactical Mathematics, 3(2), 49–58. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1591