Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLTV
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.13391Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Kemampuan komunikasi matematis mencakup kemampuan siswa untuk menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematika, menyusun masalah dalam model matematika, dan menyelesaikan peristiwa sehari-hari dalam bahasa matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan dilakukan pada siswa kelas 12 IPA 4 di SMAN 1 Telukjambe Barat. Data dikumpulkan melalui tes uraian dan wawancara, serta dianalisis menggunakan rubrik penskoran yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa beragam, dengan 16% siswa berada pada kategori tinggi, 75% pada kategori sedang, dan 9% pada kategori rendah. Penelitian ini juga menemukan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menghubungkan benda nyata dengan simbol matematika serta menyelesaikan soal yang berbentuk cerita.
Keywords:
Mathematical Comprehension Ability, Mathematical Modeling, Three Variables Linear Equation SystemDownloads
References
Afifah, R. N., Sunaryo, Y., & Ruswana, A. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 735. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8769
Ali Rasyid, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran. International Journal of Innovative Research in Computer Science and Technology, 5 N0.1(1), 77–86.
Andriani, S. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal on Teacher Education, 1(2), 33–38. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.515
Asuro, N., & Fitri, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self ConceptSiswa SMA/MA Nur. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 33–46. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.10031
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397
Kleden, M. A., Geradus, U., & Sugi, Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Pesisir. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 150–159.
Maulidya, R. (2015). Pengaruh Pendekatan Model Inside Outside Circle Dan Model Discovery Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Logis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Sma Nurul Iman Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2019-2020. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Nufus, H. (2017). Level Sekolah Terhadap Kemampuan Komunikasi. JPPM: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Matematika, 10(1), 115–123.
Octaviani, E., & Noor Aini, I. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 84–92.
Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis 3.Pdf. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(2), 74–84. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/LGR/article/view/1275
Sulastri, L., & Prabawati, M. N. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thingking (HOT). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 322–327. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1057
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 118–125. https://www.neliti.com/publications/502800/analisis-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-pada-materi-spldv.
Wito Cahyono, A. D. R. A. M. (2023). Jurnal Jendela Matematika. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya belajar Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Jendela Matematika, Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pola Bilangan, 1(2), 57–62.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.