Problem Based Learning Berbasis Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.13315Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas X Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Muhammadiyah 4 Kalisat dengan pembelajaran berbasis masalah yang terintregrasi permainan puzzle. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), meliputi beberapa tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pre-test, post-test, dan refleksi menggunakan skala Likert untuk mengukur minat belajar siswa. Sementara itu, Hasil belajar dianalisis menggunakan uji signifikansi untuk mengidentifikasi perbedaan antara kondisi sebelum dan setelah tindakan dilakukan. Penelitian ini mengidentifikasi hambatan siswa dalam memahami konsep dasar matematika, terutama dalam mengaitkan konsep dengan konteks nyata, serta rendahnya minat belajar yang tercermin dari partisipasi diskusi dan tugas mandiri. Melalui dua siklus pembelajaran, siklus 1 menggunakan modul ajar dan LKPD berbantuan permainan puzzle menunjukkan peningkatan partisipasi dan hasil belajar yang signifikan, meskipun partisipasi masih belum merata. Pada siklus 2, strategi disempurnakan dengan bimbingan tambahan, penyesuaian tingkat kesulitan, dan dorongan diskusi sehingga partisipasi dan hasil belajar meningkat lebih lanjut. Secara garis besar, penggunaan pembelajaran permainan puzzle terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X DKV di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat.
Keywords:
PBL berbasis permainan puzzle, minat belajar, Hasil belajarDownloads
References
Aminarti, F., Ayumi, A., & Siregar, D. S. (2024, Desember). Studi Pustaka Tentang Karakteristik, Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 293-301.
Apipah, I., & Novaliyosi. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap High-Order Thingking Skill (HOTS) Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1812-1826. DOI: 10.31004/cendekia.v7i2.2390.
Busari, A. O. (2014, December). Academic Stress among Undergraduate Students: Measuring the Effects of Stress Inoculation Techniques. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(27), 599-609. DOI:10.5901/mjss.2014.v5n27p599.
Dina, A. S., Ambarwati, L., & Meiliasari. (2022, Mei). Literature Review: Faktor Kecemasan Matematika Siswa dan Upaya Mengatasinya. J-PiMat, 4(1), 443-450.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023, September). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85. DOI: 10.59373/academicus.v2i2.25.
Fauzi, M. A., Azizah, S. A., Anista, W., & Utomo, A. P. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Game Edukatif dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1-11. DOI: 10.47134/biology.v1i3.1965.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).
Hamimah, & Andriani, A. (2023, Mei). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas X Di MAS YMPI Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2022/2023. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(3), 28-47.
Julio, R. I. (2024, Mei). Analisis Model Pembelajan Problem Based Learning Dalam Mata Pelajaran Mekanika Teknik Pada Pendidikan Vokasional. Tarbiyatul Ilmu: Jurnal Kajian Pendidikan, 2(5), 234-244.
Lorenza, M., Setyawan, D., & Adiah, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa SMK. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 352-355. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria.
Maharani, A., Sudiana, R., & Rahayu, I. (2024). Studi Literatur: Evaluasi Dampak Game Edukasi pada Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2386-2398. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3540.
Mutlu, Y. (2019, June). Math Anxiety in Students With and Without Math Learning Difficulties. International Electronic Journal of Elementary Education, 11(5), 471-475. DOI: 10.26822/iejee.2019553343.
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhurrazi, Khermarinah, et al. (2020). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Sadiyah, Neng Siti Nur; Azzahra, Mutiara; Maheswari, Levina Lidya; Pakpahan, Agata Fanny; Hakim, Ibrahim Al. (2025). Peran Bimbingan Dalam Membantu Siswa SMA Negeri 1 Lembang Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan bahasa, 2(1), 257-266. https://doi.org/10.62383/dilan.v2i1.1158 .
Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 13-25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555.
Yustina, A. F., & Yahfizham. (2022). Game Based Learning Matematika dengan Metode Squid game dan Among us. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 615-630. DOI:10.31004/cendekia.v7i1.1946.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.