Analisis Transformasi Pendidikan pada Kurikulum Merdeka: Implementasi dan Peran Fasilitas Pembelajaran

Authors

  • Khofifah Maulidiah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Aghnia Husnul Amali Iqdhi
  • M.Ridho Alamsyah
  • Rosida Rakhmawati Muhammad
  • Bambang Sri Anggoro

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.12529

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menimbulkan tantangan signifikan dalam dunia pendidikan, mengakitbatkan penurunan kualitas pendidikan di Indonesia. Tantangan ini menjadi landasan dikeluarkanya kurikulum merdeka. Akan tetapi Implementasi Kurikulum Merdeka mensyaratkan ketersediaan fasilitas pendidikan yang memadai, mencakup infrastruktur teknologi, ruang belajar yang representatif, dan sumber daya pendukung pembelajaran inovatif. Namun, realitas di lapangan menunjukkan kesenjangan antara konsep dan kapasitas lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan bertujuan mengeksplorasi dinamika kompleks penerapan kurikulum baru dengan fokus pada peran fasilitas pendidikan, identifikasi hambatan implementasi, serta pengembangan strategi mitigasi dalam menghadapi perubahan sistemik pendidikan. Menggunakan pendekatan General Inductive Analysis, data dikumpulkan dengan mengidentifikasi tema, pola, dan hubungan langsung dari data tanpa bergantung pada teori tertentu. Dengan meliputi proses pengkodean, pengelompokan data, dan interpretasi untuk memahami fenomena secara mendalam dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan pencatatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi penting dalam penerapan Kurikulum Merdeka, meski ada kesenjangan fasilitas, dan fasilitas yang kurang memadai serta pengurangan waktu belajar menjadi hambatan juga di lapangan.

Keywords:

Kurikulum Merdeka, kualitas pendidikan, fasilitas penddikan, hambatan implementasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A., & Shoufika Hilyana, F. (2022). Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA, 8(4), 1261–1268.

Dila, A., Baihaqi, F. N., Habibah, S., & Marini, A. (2024). Studi Pustaka tentang Peran Fasilitas Sekolah dalam Mendukung Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9.

Dwanda Putra, L., Ahmad Dahlan, U., & Kunci, K. (2023). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Giwangan Yogyakarta. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3).

Eli Sasmita. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso) (Vol. 4).

Fadil, K., & Isna Alfaien, N. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Suistainable Developments Goals. Attadib: Journal of Elementary Education (Vol. 7).

Febri, A., Sekolah, H., Agama, T., & Ma’arif Magetan, I. (2021a). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Madiun (Vol. 11).

Febri, A., Sekolah, H., Agama, T., & Ma’arif Magetan, I. (2021b). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Madiun (Vol. 11).

Hanifah, U., Niar, S. &, Universitas, A., & Dahlan Yogyakarta, A. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaram. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3).

Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469.

Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2).

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education (Vol. 3).

Muhamad, H., Efendi, A., & Basori, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Tekonologi terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 12(1), 56.

Ni Wayan, dkk. (2020). Pentingnya Sarana Pendidikan dalam Menunjang Kualitas Pendidikan di Sekolah.

Ningtyas, F., Mahmuzah, A., Sinaga, R. A., & Iramadhani, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMA Se-Kota Pekanbaru. HEXAGON: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Matematika, 1(1), 10–18.

PISA 2022 Results (Volume I). (2023). PISA. OECD.

Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program S Development Goals (SDGS). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665.

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif, 21(1), 33–54.

Siemze Joen, dkk. (2022). Kinerja Guru. Magama.

Soemarmi, A., Indarti, E., Diamantina, A., Soedarto, J., & Semarang, T. (2019). Konsep Negara Keplulauan dalam upaya Perlindungan Wilayah Pengelolaan Perikanan Indonesia. Jilid (Vol. 48).

Thomas, D. R. (2006). A General Inductive Approach for Analyzing Qualitative Evaluation Data. Evaluation and Research in Education, 34(2), 162-174.

Tri Febrian, F., Putri Kamilah, I., Maret Tasya Raja Gukguk, R., Jaya Adi Putra, M., & Yulita Sari, M. (2024a). Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Pemahaman dan Penerapan Kurikulum Merdeka oleh Guru. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(Oktober), 508–517.

Tri Febrian, F., Putri Kamilah, I., Maret Tasya Raja Gukguk, R., Jaya Adi Putra, M., & Yulita Sari, M. (2024b). Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Pemahaman dan Penerapan Kurikulum Merdeka oleh Guru. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(Oktober), 508–517.

Widya Laksmi, J., Made Astini Rahayu, N., Made Mila Rosa Desmayani, N., Gede Willdahlia, A., Gusti Ayu Agung Mas Aristamy, I., Redy Winatha, K., & Gede Bevi Libraeni, L. (2024). Pemerataan Pendidikan: Pengenalan Media Berkreativitas dan Pengolahan data pada Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2).

Yunusman Hulu, dkk. (2023). Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning

Downloads

Abstract Views : 78
Downloads Count: 76

Published

2025-01-14

How to Cite

Maulidiah, K., Aghnia Husnul Amali Iqdhi, M.Ridho Alamsyah, Rosida Rakhmawati Muhammad, & Bambang Sri Anggoro. (2025). Analisis Transformasi Pendidikan pada Kurikulum Merdeka: Implementasi dan Peran Fasilitas Pembelajaran. Didactical Mathematics, 7(1), 73–83. https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.12529

Issue

Section

Articles