Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa SMK pada Materi Turunan
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.12427Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa SMK Bina Karya 2 Karawang dalam materi turunan ditinjau dari disposisi matematis mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek enam siswa dari kategori kemampuan berpikir aljabar tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes uraian, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman di antaranya reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan disposisi matematis tinggi cenderung memiliki kemampuan berpikir aljabar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan disposisi matematis sedang atau rendah. Indikator berpikir aljabar yang dianalisis meliputi pemahaman terhadap variabel dan ekspresi variabel, penggunaan penalaran deduktif, penafsiran informasi dalam representasi, serta strategi dalam pemecahan masalah. Siswa dengan disposisi matematis rendah cenderung mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika yang berbasis aljabar. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan disposisi matematis sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir aljabar siswa.
Keywords:
Kemampuan Berpikir Aljabar; Disposisi Matematis; Turunan: Pembelajaran MatematikaDownloads
References
Badawi, A. Rochmad., Agoestanto, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Unnes: Journal of Mathematics Education. 5(3), 182-189
Inayah, S. Nurhasanah, G.A. (2019). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa terhadap Kepercayaan Dirinya. JPPM, 12(1), 17-31
Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 463-474
Levin, M., & Walkoe, J. (2022). Seeds of Algebraic Thinking: Knowledge in Pieces Perspective on The Development of Algebraic Thinking. Zdm - Mathematics Education, 54(6), 1303– 1314. Https://Doi.Org/10.1007/S11858-022-01374-2
Lew, H. C. 2004. Developing Algebraic Thinking in Early Grades: CaseStudy of Korean
Elementary School Mathematic. In Mathematics Educator, Vol. 8, No. 1.
Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis Korelasi Pearson dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak, 14-18
Kieran, Carolyn. (2004). Algebraic Thinking in the Early Grades: What Is It? The Mathematics Educator. Vol. 8. N0. 1, 139- 151.
Kurniawan, M. R., Agoestanto, A. Wijayanti, K. (2023). Systematic Literature Review : Identifikasi Kemampuan Berpikir Aljabar dan Resilensi Matematis pada Pembelajaran Matematika, 07(3), 2208-2221.
Kusuma, A.P., Waluya, S. B., Rochmad., Mariani, S. (2024). Algebraic Thinking Process of Students with High Mathematical Ability in Solving Linear Equations Based on Cognitive Systems. 14(3). 146-159.
Shonia, M. I, Basir, M. A., Wijayanti, D. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Penalaran Aljabar Berbasis Taksonomi Marzano pada Materi Program Linear. Sendiksa 2. 118-124.
Maulidiah, N. & Ismail. 2016. Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(5), 414- 418.
National Council of Teacher of Mathematic. 2000. Principle and Standard for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Sari, Rafika, Dewi. (2011). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Aktivitas Belajar melalui Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat di SMPN 3 Ungaran. Skripsi pada Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang.
Setiawan, T.C. 2024. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Aljabar di MAN INSAN CENDEKIA SORONG Kelas X. Skripsi FEKSA Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Qurni, Al. K. (2021) Pengembangan Instrumen Kepercayaan Diri Matematika pada Materi Program Linier. Skripsi FITK UIN SYARIEF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Wardani, S. (2012). Pembelajaran inkuiri model silver untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa sekolah menengah atas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 9-16.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.