Pengaruh Kemampuan Elaborasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Authors

  • Nurul Istiqomah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Karunia Eka Lestari

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10390

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif masih rendah, terlihat dari kurangnya kemampuan peserta didik dalam menemukan solusi yang inovatif dan beragam. Salah satu kemampuan yang dapat menciptakan solusi inovatif adalah kemampuan elaborasi. Kemampuan elaborasi yaitu kemampuan menggabungkan beberapa konsep yang telah dipahami untuk menciptakan solusi baru yang inovatif.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan elaborasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi kesebangunan dan kekongruenan di salah satu SMPIT di daerah Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode non-eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan pengisian instrumen tes berupa soal uraian.  Instrumen yang digunakan terdiri dari dua paket soal yang memuat dua soal untuk mengukur kemampuan elaborasi dan tiga soal untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Temuan menunjukkan adanya pengaruh kemampuan elaborasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebesar 17% dengan interval kepercayaan 95%.

Keywords:

Elaboration ability; , Creative Thinking; , Symmetry Congruence

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, I., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Smp Kelas Viii Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Pendekatan Open Ended. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 903. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p903-914

Harriman. (2017). Berfikir Kreatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hendri, R., Elniati, S., dan Syarifuddin, H. (2019). Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika | Hal. Maret, 8(1), 110–116.

Muharommah, H. (2020). Identifikasi Level Kemampuan Berpikir Elaborasi Anak Dalam Steam Project Based Learning Universitas Pendidikan Indonesia I Repsitory.upi.edu I perpustakaan.upi.edu. 26–34.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Krisnadi, E. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Jembatan Proses Abstraksi Siswa untuk Pemahaman Konsep. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XIV, 14(1), 365–376. http://conference.ut.ac.id/index.php/ting/article/download/579/122.

Lesik, S. A. (2019). Applied Statistical Inference with MINITAB. Boca Raton: CRC Press.

Murdiani. (2018). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas Iv Sdn Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 35–40.

Rahmalina. (2017). Metode Bermain Peran Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini 4-6 Tahun. Permata : Jurnal Pendidikan PAUD, 02(1), 11–23. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4443

Rahmawati, A. D. (2021). Kreativitas Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Masa Pandemi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 74–84. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.209

Ramdani, M., dan Apriansyah, D. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Dan Berfikir Kreatif Matematik Peserta didik Mts Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.46

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.

Rudibyani, R. B. (2019). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Elaborasi dan Penguasaan Konsep Elektrolisis Peserta didik Melalui Discovery Learning. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.24246/juses.v2i2p60-69

Silver, E. A. (1997). Kreativität fördern durch einen unterricht, der reichist and situationen des mathematischen problemlösens und aufgabenerfindens. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

Abstract Views : 13
Downloads Count: 9

Published

2024-07-22

How to Cite

Istiqomah, N., & Lestari, K. E. (2024). Pengaruh Kemampuan Elaborasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Didactical Mathematics, 6(2), 164–170. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10390