Pengaruh Kemampuan Eksplorasi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Authors

  • Agusti Aulia Rahman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Karunia Eka Lestari

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10375

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan eksplorasi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Klari tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini terdiri atas 34 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Klari yang dipilih secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes kemampuan eksplorasi matematis dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana yang dibantu melalui Minitab Statistical Software 21. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% cukup bukti untuk menunjukkan adanya hubungan linear dan signifikan antara kemampuan eksplorasi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dengan besar pengaruh 16,49% dan sisanya 83,51% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords:

Mathematical Exploration Ability; Mathematical Critical Thinking Ability

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amruddin, S. P. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Media Sains Indonesia.

Danuri., dan Maisaroh, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Samudera Biru.

Dores, S. P., Jiran, O., Wibowo, D. C., dan Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat, 2(2), 242-254.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). Mc Graw Hill.

Hafizah. (2023). Pengaruh Locus of Control Terhadap Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa di Kelas XI MAN 4 Banjar Tahun Ajaran 2022/2023. (Skripsi Sarjana, UIN Antasari Banjarmasin).

Hajar, M. S., dan Minarti, E. D. (2019). Pengaruh self confidence siswa SMP terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.

Irawan, A., dan Kencanawaty, G. (2017). Peranan kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 110-119.

Kartin, Y., Novitasari, D., dan Hayati, L. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 35-41.

Khairunnisaa, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Baabul Kamil Jatinangor Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019. (Skripsi Sarjana, STKIP Sebelas April Sumedang).

Lesik, S., A. (2019). Applied Statistical Inference With Minitab. Taylor & Francis Group.

Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Nurbaya, E. S., dan Warmi, A. (2021). Analisis kemampuan eksplorasi matematis siswa kelas viii pada materi statistika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(3), 318-329.

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., dan Nursa'adah, F. P. (2020). Pengaruh kemampuan berpikir kritis, adversity quotient dan locus of control terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 263-272.

Nurhikmayati, I., dan Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis scientific yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49-60.

Prabawati, D. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, And Kinestethic (VAK) Terhadap Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Sumbang. (Disertasi Doktor, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Ratnawati, D., Handayani, I., dan Hadi, W. (2020). Pengaruh model pembelajaran pbl berbantu question card terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 44-51.

Rosliani, V. D., dan Munandar, D. R. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas vii pada materi pecahan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 401-409.

Rukminingsih., Adnan, G., dan Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Erhaka Utama.

Sani, L. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 1-18.

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP kelas ix. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45-54.

Subaini, S., Irvan, I., dan Nasution, M. D. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(2), 16-20.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Supardi U. S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Change Publication.

Usman, K., Uno, H. B., Oroh, F. A., dan Mokolinug, R. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi pola bilangan. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 15-20.

Downloads

Abstract Views : 5
Downloads Count: 7

Published

2024-07-27

How to Cite

Rahman, A. A., & Lestari, K. E. (2024). Pengaruh Kemampuan Eksplorasi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Didactical Mathematics, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10375