Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Pokok Pembahasan Segiempat

Authors

  • Acep Jamaludin

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1004

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesulitan peserta didik dalam pembahasan materi bangun datar khususnya pada materi segiempat. Setelah diteliti ternyata masih banyak selulitan yang dialami oleh siswa. Terbukti dengan dari 20 siswa,  hanya 25 % siswa yang dapat menjawab soal nomor 1, 45 % yang bisa menjawab soal nomor 2, sedangkan untuk soal nomor 3 tidak ada seorangpun siswa yang mampu menjawab dengan benar. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi segiempat masih kurang maksimal. . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang paling dasar. Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal segiempat, hal ini terlihat dari hasil observasi yang didapatkan masih kurang maksimal.  Siswa masih belum memahami konsep keliling dan luas bangun datar, kurangnya pemahaman unsur-unsur yang terdapat pada bangun datar serta kurangnya penguasaan materi prasyarat dari bangun datar.

Keywords:

Materi segiempat, analisis kesulitan siswa,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.
Andriyani, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252
Astuti, D., Anggraeni, L., & Setyawan, F. (2020). Mathematical probability: Student’s misconception in higher education. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012009
Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., Wijaya, T. T., Sudirman, J. J., & Barat, J. (2020). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematik dalam mengerjakan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 247–253.
Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 134–143.
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p371-378
Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp. Jurnal Silogisme, 3(1), 1–7.
Fitri, N. L., & Prahmana, R. C. I. (2018). Pembelajaran Luas Segiempat untuk Siswa Kelas VII Menggunakan Reallotment Activities. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–28. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.18-28
Hadiyanti, Y. R. (2016). Deskripsi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan bangun datar segiempat di kelas vii d semester 2 smp ypk kotaraja. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1).
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Jonsson, B., Norqvist, M., Liljekvist, Y., & Lithner, J. (2014). Learning mathematics through algorithmic and creative reasoning. Journal of Mathematical Behavior, 36, 20–32. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2014.08.003
Maher, C. A., & Sigley, R. (2014). Task-Based Interviews in Mathematics Education. In Encyclopedia of Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8_147
Nurhayati, N., & Bernard, M. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa kelas x smk bina insan bangsa pada materi persamaan dan pertidaksamaan. Journal on Education, 1(2), 497–502.
Qin, L., Zhou, Y., & Tanu, W. T. (2019). The Analysis of Mathematics Adversity Quotient of Left Behind Junior High School Students in Rural Areas. Open Journal of Social Sciences, 331–342. https://doi.org/10.4236/jss.2019.710028
Razak, F., & Sutrisno, A. B. (2017). Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 7(02), 22–29. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4214
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Novtiar, C. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. . . SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 95–107.
Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1). https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364
Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 205–214. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.205-214
Wijaya, T. T., Ying, Z., Chotimah, S., Bernard, M., Zulfah, & Astuti. (2020). Hawgent dynamic mathematic software as mathematics learning media for teaching quadratic functions. Journal of Physics: Conference Series, 1592(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1592/1/012079
Wijaya, T. T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). The empirical research of hawgent dynamic mathematics technology integrated into teaching. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 144–150.
Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139–148.

Downloads

Abstract Views : 721
Downloads Count: 421

Published

2021-04-14

How to Cite

Jamaludin, A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Pokok Pembahasan Segiempat. Didactical Mathematics, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1004

Issue

Section

Articles