Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika SMA

Authors

  • Raudya Tuzzahra Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu
  • Agus Susanta Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4292

Keywords:

Self Efficacy, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung variabel Self Efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika SMA. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah kausal komparatif atau sering disebut expost de facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket self efficacy, dan tes kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 142 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 59 peserta didik dari populasi terdiri dari 24 peserta didik laki – laki dan 35 peserta didik perempuan yang berusia 16-17 tahun. Berdasarkan hasil uji statistic menggunakan uji analisis jalur, hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh langsung self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika sebesar .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Susanta, E. S. R. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Pembelajaranstatistika Dasar Melalui Problem Based-Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 4(2), 179. https://doi.org/10.31949/th.v4i2.1683

Husna, R., Budiman, & Bainuddin Yani S. (2018). Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 43–48.

Mukhtari, Z., Yuliani, A., & Hendriana, H. (2019). Analisis Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 337–346. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3096

Suciawati, V. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Didactical Mathematics, 2(1), 17. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1963

Suharsono, Y., & Istiqomah. (2014). Validitas Dan Reliabilitas Skala Self-Efficacy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 144–151. http://202.52.52.22/index.php/jipt/article/download/1776/1864

Susanto, E., & Susanta, A. (2020). PEMBELAJARAN STATISTIKA DASAR MELALUI PROBLEM BASED-LEARNING INCREASE STUDENTS’ CONFIDENCE IN LEARNING BASIC STATISTICS WITH PROBLEM BASED-LEARNING mahasiswa Program Studi Pendidikan. Jurnal The Original of Mathematics, 4(2), 179–184. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th

Yuniar, E. D., & Ramlah. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Teluk Jambe Barat. Jurnal Maju, 8(1), 420–424. https://ejornal.stkipbbm.ac.id

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Raudya Tuzzahra, Saleh Haji, & Agus Susanta. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika SMA. Didactical Mathematics, 5(1), 11–19. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4292

Issue

Section

Articles