Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10466Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Kuningan dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes kemampuan komunikasi yang kemudian dari hasil tersebut dipilih 6 subjek penelitian berdasarkan pengelompokan kemampuan yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Kuningan, baik itu siswa laki-laki maupun perempuan memiliki kemampuan komunikasi matematis yang hampir sama baiknya. Hanya saja yang membedakannya adalah siswa laki-laki lebih teliti dan cermat dalam proses pengerjaanya dibandingkan dengan siswa perempuan yang banyak mengalami kekeliruan.
Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis; , Perbedaan Gender;Downloads
References
Ali Rasyid, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran. International Journal of Innovative Research in Computer Science and Technology, 5 N0.1(1), 77–86.
Dewi, I., Saragih, S., & Khairani, D. (2017). Jurnal Didaktik Matematika Izwita Dewi, dkk ISSN. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 2548–8546.
Dewi, S. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 699. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3687
Dzarian, W. O., Salam, M., & Anggo, M. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gender (Analysis of Students’ Mathematical Communication Ability in terms of Gender). Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 6(1), 61–67.
Fauziyah1, A., 2, Z. A. S., & , Mariyanto3, D. E. J. (2023). INSTRUMEN TES DAN NON TES PADA PENELITIAN. Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.
Hariati, M. E., Sinaga, B., & Mukhtar, M. (2022). Analisis Kesulitan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 702–709. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1228
Irwin. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Perspektif Gender Kelas VII SMPS Amaliyah Bajo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1036
Jusniani, N., & Nurmasidah, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 12–19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1404
Pambudi, D. S., Aini, R. Q., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika Nalaria berdasarkan Jenis Kelamin. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 136. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4206
Pertiwi, R. D., & Siswono, T. Y. E. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 26. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n1.p26-36
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.896
Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswapada Materi Spldv. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 118–125.
Taqwa, M., & Sutrisno, A. B. (2019). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Jurnal Gantang, 4(2), 169–176. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1336
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.