STUDI FENOMENOLOGI YOUTUBE SEBAGAI SALURAN PEMBELAJARAN KEWARGAAN DESA SUKOHARJO KABUPATEN SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/dialogika.v3i2.8717Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi peran platform YouTube sebagai saluran pembelajaran kewargaan Desa Sukoharjo Kabupaten Sleman pada masa pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 menyebabkan kewargaan desa harus bisa beradaptasi dengan saluran digitalisasi termasuk dalam setiap aktivitas pembelajaran. YouTube menjadi salah satu media pembelajaran dan saluran terpenting untuk mencari informasi tentang pengetahuan baru bagi kewargaan desa pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini melibatkan tiga subjek generasi muda perdesaan yang merupakan bagian dari kewargaan desa dan aktif menggunakan platform YouTube sebagai saluran informasi serta pengetahuan baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi fenomenologi dengan metode analisis Interpretative Phenomenological Analysis. Data diperoleh melalui metode wawancara mendalam (in-depth interview) dan observasi dengan kategori berbasis pernyataan subjek penelitian pada generasi muda perdesaan. Subjek penelitian menyatakan bahwa platform YouTube telah memberikan fleksibelitas, akses pengetahuan baru yang beragam dan memfasilitasi metode pembelajaran digital yang inovatif bagi kewargaan desa. Hasil penelitian ini menemukan bahwa platform YouTube telah memberikan fleksibelitas, akses pengetahuan baru yang beragam dan memfasilitasi metode pembelajaran digital yang inovatif bagi kewargaan desa terutama generasi muda perdesaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa platform YouTube sangat efektif digunakan sebagai saluran informasi dan pengetahuan baru bagi kewargaan Desa Sukoharjo Kabupaten Sleman pada masa pandemi COVID-19.
Keywords:
YouTube, Media Pembelajaran, COVID-19, Kewargaan, DesaDownloads
References
Aprilizdihar, M., Pitaloka, E. D., & Dewi, S. (2021). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Pembelajaran Di Era Digital. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 4(02), 101-110. https://doi.org/10.30871/deca.v5i01.3717
Arianto, B. (2021a). Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(2), 118-132. https://doi.org/10.24076/JSPG.2021v3i2.659
Arianto, B. (2021b). Pandemi Covid-19 dan transformasi budaya digital di Indonesia. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(2), 233-250.
Creswell, J. W., & Creswell, J. (2003). Research Design (pp. 155-179). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Demillah, A. (2019). Peran film animasi nussa dan rara dalam meningkatkan pemahaman tentang ajaran islam pada pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 106-115. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i2.3349
Fajri, I., Suryadi, K., & Anggraeni, L. (2021). Pembelajaran kelas terbalik selama pandemi covid-19: sebuah tinjauan sistematis review dari bukti empiris. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 870-880
Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 259-272. https://doi.org/10.31947/kjik.v5i2.1905
Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin, A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 4(2), 226-239.
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006-1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609
Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan fenomenologi: Pengantar praktik penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163-180.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Herlambang, A. D., & Hidayat, W. N. (2016). Edmodo untuk meningkatkan kualitas perencanaan proyek dan efektivitas pembelajaran di lingkungan pembelajaran yang bersifat asinkron. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), 180-187. https://doi.org/10.25126/jtiik.201633193
Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon siswa terhadap penggunaan video youtube sebagai media pembelajaran daring matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153-162. http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
Janitra, P. A., Prihandini, P., & Aristi, N. (2021). Pemanfaatan media digital dalam pengelolaan kesehatan mental remaja di era pandemi. Buletin Udayana Mengabdi, 20(1), 18-23.
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356
Luhsasi, D. I., & Sadjiarto, A. (2017). Youtube: trobosan media pembelajaran ekonomi bagi mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 219-229.
Mangole, K. D. B., Himpong, M., & Kalesaran, E. R. (2017). Pemanfaatan youtube dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat di desa paslaten kecamatan remboken minahasa. Acta Diurna Komunikasi, 6(4).
Mansyah, B. (2020). Pandemi covid 19 terhadap kesehatan mental dan psikososial. MNJ (Mahakam Nursing Journal), 2(8), 353-362. https://doi.org/10.35963/mnj.v2i7.180
Muskania, R., & Zulela, M. S. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155-165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298
Nainggolan, V., Rondonuwu, S. A., & Waleleng, G. J. (2018). Peranan media sosial Instagram dalam interaksi sosial antar mahasiswa fakultas ilmu sosial dan politik UNSRAT Manado. ACTA Diurna Komunikasi, 7(4).
Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 132-139. 10.21831/jitp.v8i1.35912
Oktari, R. (2023). Dampak Konten Youtube terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Journal on Teacher Education, 5(1), 528-537. https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19387
Permana, I. P. H. (2021). Analisis Rasio Pada Akun Youtube Untuk Penelitian Kualitatif Menggunakan Metode Ekploratif. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 15(1), 40-48.
Phandinata, S. R., Atmodiwirjo, E. T., & Basaria, D. (2017). Developmental Individual-Differences Relationship-Based (Dir) Floortime Dalam Meningkatkan Komunikasi Dua Arah Pada Kasus Autism Spectrum Disorder (Asd). Psibernetika, 10(2). http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1046
Salsabila, U. H., Rahmanti, N., Kasanah, I. N., & Kurniawan, D. S. (2022). Optimalisasi Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 92-114.
Sulaeman, A. R., Fazri, A., & Fairus, F. (2020). Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh. Communication, 11(1), 81-93. https://dx.doi.org/10.36080/comm.v11i1.1009
Sutarti, T., & Astuti, W. (2021). Dampak media youtube dalam proses pembelajaran dan pengembangan kreatifitas bagi kaum milenial. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 26(1), 89-101.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7531
Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan, 2(2).
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bambang Arianto, Bekti Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.