ANALISIS SWOT DAN STRATEGI PEMASARAN TAHU TEMPE NURUL MADANI

Authors

  • Lista Safitri Institut Agama Islam Negeri Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Purwoningsih Haris Institut Agama Islam Negeri Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Zakariya Zakariya Institut Agama Islam Negeri Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/dialogika.v5i2.8546

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) di pabrik tahu tempe Nurul Madani. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif yang berasal dari data hasil wawancara, catatan di lapangan dan dokumen resmi. Analisis SWOT dilakukan dengan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mendeskripsikan faktor-faktor kekuatan dan kelemahan perusahan dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang menguraikan faktor-faktor peluang dan ancaman perusahaan dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, masing-masing diperoleh bobot kekuatan tertinggi 0,15, bobot kelemahan tertinggi 0,07, bobot peluang tertinggi 0,16, dan bobot ancaman tertinggi 0,07. Hasil tersebut menempatkan pabrik tahu tempe Nurul Madani pada kuadran I dan strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah mendukung strategi agresif.

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi, Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, April, 1–10.

Kamaludin, K. (2018). Analisis Modal Usaha Di Masyarakat Pedesaan. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 49–60.

Kamaludin, K. (2022). Identifikasi Manajemen Strategis Pada Sekolah Dasar Negeri di Era Disruptif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 278–289. http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/50

Kumbara, A. (2020). Strategi Management Analisis Swot pada Lucky Textile Group dalam Menghadapi Persaingan Industri Textile. Jemsi, 1(5), 464–474.

Nawawi, H. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press.

Oktaviani, T. S. L., Putra, L. V., Salam, M. D. M., & Devi, R. T. (2023). Analisis Peran UMKM Terhadap Literasi Desa Margosari. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 14–22. https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/article/view/5

Ratnawati, A. M. I. A. S. (2020). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 62.

Siswidiyanto. (2019). Perencanaan Strategis Si/Ti Perusahaan Manufaktur dengan Analisa SWOT: Studi Kasus PT. TBP Jakarta. Paradigma, 21(1), 107–112.

Sudiro, A. N. R., & Ruslim, H. (2023). Pengaruh Implementasi Manajemen Strategik terhadap Ketahanan Bisnis saat Pandemi Covid-19 pada PT. Es Teh Indonesia Makmur. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.51805/jmbk.v4i2.145

Zunaidi, A., & Natalina, S. A. (2021). Manajemen Strategik Dalam Perbankan Syariah. Wadiah, 5(1), 86–117. http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/wadiah/article/view/3178https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/wadiah/article/viewFile/3178/1367

Downloads

Abstract Views : 15
Downloads Count: 25

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles